cf4dbb48-eacc-4261-84e0-2568826d1754

Cegah Kolesterol Setelah Idul Adha Dengan Makan-Makanan Ini

Anda mungkin sudah tidak asing lagi mendengar kolesterol tinggi. Penyakit kolesterol tinggi merupakan penyakit yang sering kali dikeluhkan oleh masyarakat Indonesia. Jika tidak segera ditangani, penyakit ini akan menyebabkan stroke dan serangan jantung.

Kolesterol yang terdapat di dalam semua tubuh manusia merupakan senyawa yang mirip lemak yang hidup secara alami pada setiap bagian tubuh seperti otak, saraf, otot, usus, hati, dan jantung. Kolesterol bisa datang dari dua sumber. Sumber yang pertama diproduksi oleh hati, yang kedua lewat makanan yang Anda konsumsi.

Sebenarnya kolesterol memiliki kadar normal dalam tubuh yaitu sekitar 160-200mg. Jadi, Anda tidak perlu begitu khawatir tentang kolesterol yang ada di dalam tubuh Anda. Kolesterol yang berbahaya adalah jika kolesterol dalam darah sudah terlampau tinggi.

Gaya hidup saat ini membuat kolesterol tak hanya mengincar orang tua, faktanya banyak anak-anak yang sudah bisa memiliki kadar kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan pola makan tidak terjaga. Terutama makanan yang berlemak tinggi. Contoh makanan yang berlemak tinggi adalah daging, gorengan, kambing, susu, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengatur asupan makanan yang Anda konsumsi sebagai penurun kolesterol.

Hari raya Idul Adha  baru saja usai.  Biasanya Anda akan lebih banyak mengonsumsi daging. Hal ini tentu dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh Anda. Dunia Halal telah merangkum dari berbagai sumber tentang makanan penurun kolesterol, simak berikut ini.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan minyak zaitun memiliki kandungan kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E. Kedua nutrisi ini dapat menurunkan lemak jahat kolesterol dan menaikkan lemak baik. Cara mengonsumsi minyak zaitun bisa Anda campurkan pada salad atau menggoreng/menumis makanan dengan menggunakan minyak zaitun.

  1. Makanan Berserat Tinggi atau Oatmeal

Oatmeal baik untuk kesehatan karena mengandung serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Serat pada oatmeal dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Mengonsumsi 10 gram serat dari oatmeal dapat mengurangi total kolesterol, termasuk kolesterol jahat.

  1. Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki kandungan omega 3 yang tinggi. Omega 3 bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida serta meningkatkan produksi kolesterol baik. Tak hanya memiliki kandungan omega 3, ikan salmon juga mengandung EPA dan DHA yang sangat baik bagi kesehatan dan fungsi organ jantung.

  1. Buah Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi. Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. Alpukat juga mengandung beta-sistosterol, sejenis lemak nabati yang berfungsi untuk mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Perlu diingat, alpukat memiliki kadar kalori dan lemak yang tinggi, sehingga Anda juga perlu membatasi mengonsumsi buah ini. Setiap alpukat mengandung sekitar 300 kalori dan 30 gram lemak.

  1. Jeruk

Buah jeruk dikenal sebagai buah yang mengandung vitamin c yang baik bagi tubuh. Kandungan vitamin C ini dapat membantu mencegah penumpukan kadar kolesterol jahat dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Jeruk kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolesterol dari makanan. Buah ini pun mengandung d-limone, yaitu senyawa kimia yang dapat melarutkan kolesterol dalam tubuh.

Itulah beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi setelah menyantap berbagai macam olahan daging Idul Adha. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *