Puasa-Tarwiyah-dan-Arafah

Keutamaan Melaksanakan Puasa Arafah

Memasuki bulan Dzulhijjah, ada beberapa amalan-amalan yang bisa dilakukan kaum muslimin yang tidak melaksanakan ibadah haji. Salah satunya adalah puasa arafah. Puasa arafah adalah puasa di hari ke Sembilan bulan Dzulhijjah, yang berarti pada tahun ini jatuh pada tanggal 10 Agustus 2019.

Puasa arafah merupakan puasa yang dilakukan sebelum hari raya Idul Adha, puasa ini disunahkan bagi muslim yang tidak melaksanakan ibadah haji. Melaksanakan puasa arafah merupakan salah satu sunah muakkad atau ibadah yang dianjurkan untuk dikerjakan.

Memperbanyak ibadah sunah sangat dianjurkan agar mendapat keistimewaan dari Allah SWT. Melaksanakan ibadah sunah juga merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Sahabat Abu Said Al Khudri pernah mendengar Rasulullah saw. bersabda:

مَنْ صَامَ يَوْمًا فِي سَبيلِ اللهِ بَعَّدَ اللهُ وَجْهَهُ عَنِ النَّارِ سَبْعِينَ خَرِيفًا

“Siapa yang berpuasa satu hari di jalan Allah, maka Allah akan menjauhkan wajahnya dari neraka tujuh puluh tahun” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Puasa Arafah dilakukan pada hari ke 9 Dzulhijjah atau pada saat jamaah haji sedang berada di bukit Arafah. Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَه

Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)

Ibnu Muflih dalam Al Furu’ -yang merupakan kitab pegangan madzhab hanbali- (3: 108) mengatakan, “Disunnahkan melaksanakan puasa pada 10 hari pertama Dzulhijjah, lebih-lebih lagi puasa pada hari kesembilan, yaitu hari Arafah. Demikian disepakati oleh para ulama.”

Adapun keistimewaan dan keutamaan puasa sunah arafah antara lain:

  1. Jika seseorang melaksanakan ibadah puasa sunah arafah, Allah SWT menjanjikan akan mengampuni dosa-dosa hambanya selama dua tahun, yaitu setahun yang lalu dan setahun mendatang. Abu Qatadah telah meriwayatkan hadis bahwa Rasulullah saw. pernah ditanya tentang puasa Arafah. Lalu beliau menjawab:

يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ

“(Puasa Arafah itu) melebur dosa-dosa (kecil) di tahun sebelumnya dan yang akan datang.” (HR. Muslim).

  1. Allah SWT menjaga seorang muslim yang mengerjakan puasa arafah agar tidak melakukan dosa atau maksiat selama dua tahun.
  2. Bagi seorang muslim yang melaksanakan ibadah puasa sunah Arafah, insyaAllah akan dibebaskan dari api neraka.

Tak hanya keistimewaan keistimewaan di atas, hari Arafah merupakan salah satu hari yang paling utama. Aisyah Ra. meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda:

« مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُبَاهِى بِهِمُ الْمَلاَئِكَةَ فَيَقُولُ مَا أَرَادَ هَؤُلاَءِ ».

“Tidak ada hari yang Allah paling banyak membebaskan hambaNya dari (siksa) api neraka daripada hari Arafah, dan sungguh Allah akan mendekatinya dan menampakkan keutamaannya di hadapan Malaikat, lalu Allah berfirman: “Apa yang mereka inginkan?” (HR. Muslim).

Bagi muslim yang sedang ibadah haji, puasa sunah Arafah tidak diwajibkan bagi mereka. Hal ini sesuai yang dilakukan oleh Rasulullah SAW, seperti yang dijelaskan dalam hadits Ummu Fadhl berikut ini,

“Dari Ummul Fadhl binti Al Harits, bahwa orang-orang berbantahan di dekatnya pada hari Arafah tentang puasa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Sebagian mereka mengatakan, ‘Beliau berpuasa.’ Sebagian lainnya mengatakan, ‘Beliau tidak berpuasa.’ Maka Ummul Fadhl mengirimkan semangkok susu kepada beliau, ketika beliau sedang berhenti di atas unta beliau, maka beliau meminumnya.” (HR. Muslim)

Itulah keistimewaan-keistimewaan dibalik melaksanakan ibadah puasa Arafah. Semoga kita diberi kesehatan dan kesempatan untuk melaksanakannya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *