Silhouette of a praying man

Hal-Hal yang Mendatangkan Rezeki

Rezeki memang datangnya dari Allah SWT. tetapi meski begitu, kita sebagai manusia perlu adanya usaha untuk menjemput rezeki tersebut. Sebagai seorang manusia, kita perlu bekerja keras untuk mendapatkan rezeki. Tak hanya berupaya dengan bekerja keras, melainkan juga berdoa dengan sungguh-sungguh meminta rezeki dari Allah SWT. Seperti yang tertera pada ayat al-Quran berikut.

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ ۚ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا wa yarzuq-hu min ḥaiṡu lā yaḥtasib, wa may yatawakkal ‘alallāhi fa huwa ḥasbuh, innallāha bāligu amrih, qad ja’alallāhu likulli syai`ing qadrā Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. (At-Talaq: 3).

Berikut hal-hal yang bisa kita lakukan untuk mendatangkan rezeki.

  1. Memperbanyak Istighfar

Istighfar merupakan amalan ringan yang dapat menghapus dosa seorang hamba. Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam pernah bersabda, ”Barangsiapa memperbanyak istighfar maka Allah SWT akan menghapuskan segala kedukaannya, menyelesaikan segala masalahnya dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka.” (HR. Ahmad, Abu Daud, an-Nasa’i, Ibnu Majah dan al-Hakim dari Abdullah bin Abbas ra)

  1. Bersyukur

Manusia pada dasarnya adalah makhluk yang sulit bersyukur. Padahal, dengan bersyukur, Allah SWT telah menjanjikan rezeki yang ditambah untuk umat-Nya. Seperti yang tertera dalam surat Ibrahim ayat 7 sebagai berikut,

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ
Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (QS. Ibrahim: 7)

  1. Berbakti Kepada Orang Tua

Orang tua merupakan salah satu hal yang mendatangkan rezeki bagi kita. Rasulullah pernah berpesan, barang siapa yang ingin panjang umur dan ditambahkan rezekinya, maka hendaklah ia berbakti kepada kedua orang tuanya dan menyambung tali silaturahmi. Sebagaimana sabda Rasulullah,” Siapa berbakti kepada orangtuanya maka kebahagiaanlah buatnya dan Allah akan memanjangkan umurnya.” (HR. Abu Ya’ala, at-Tabrani, al-Asybahani, dan al-Hakim) dalam hadist lain juga disebutkan , “Apabila hamba itu tidak mendoakan kedua orangtuanya niscaya terputuslah rezeki daripadanya.” (HR. Hakim dan ad-Dailami)

  1. Perbanyak Sedekah

Harta yang kita miliki bukanlah sepenuhnya milik kita. Ada rezeki orang lain yang dititiplan Allah kepada kita untuk kemudian kita sedekahkan, agar orang lain ikut bahagia. Rasulullah bersabda pada Zubair bin Awwam,” Hai Zubair, ketahuilah bahwa kunci rezeki hamba itu di atas Arsy yang dikirim oleh Allah Azza wajalla kepada setiap hamba sekadar nafkahnya. Maka siapa yang memperbanyak sedekah kepada orang lain, niscaya Allah memperbanyak baginya. Dan siapa yang menyedikitkan, niscaya Allah menyedikitkan baginya.” (HR Daruquthni dari Anas ra)

  1. Istiqomah Shalat Dhuha

Shalat Dhuha merupakan salah satu shalat yang telah Allah SWT janjikan untuk mendapatkan rezeki. Dalam shalat Dhuha, terdapat sebuah permintaan rezeki yang di mana jika dilakukan secara istiqomah maka besar kemungkinan Allah akan melancarkan rezekinya bahkan dari jalan yang tidak diduga.

  1. Tawakal Setelah Berusaha

Allah SWT berfirman: “ Barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah mencukupkan (keperluannya).” (QS. at-Thalaq:3) dalam sebuah hadist, Nabi Rasulullah SAW bersabda, “ Seandainya kamu bertawakal kepada Allah dengan sebenar-benarnya tawakal, niscaya kamu diberi rezeki seperti burung diberi rezeki, ia pagi hari lapar dan petang hari telah kenyang.” (HR. Ahmad, at-Tirmizi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, al-Hakim dari Umar bin al-Khattab ra)

Itulah beberapa hal yang dapat mendatangkan rezeki yang bisa kita lakukan. Teruslah istiqomah di jalan Allah SWT dengan harap mendapat ridho dan berkah dari semua yang kita kerjakan di dunia. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *