Ramadan26

Keutamaan Menjawab Adzan dan Berdoa Setelahnya

Adzan merupakan penanda atau seruan agar seorang muslim segera melaksanakan perintah Allah SWT yaitu shalat. Ada keistimewaan pada adzan jika seorang muslim menjawab adzan dan berdoa setelahnya. Saat adzan, seorang muslim sebaiknya meninggalkan segala bentuk kegiatannya dan mendengarkan adzan kemudian langsung melaksanakan shalat. Tak hanya berdiam mendengarkan adzan berkumandang, dalam setiap adzan ada doa yang sebaiknya dipanjatkan saat adzan sedang berkumandang.

Ada beberapa keistimewaan dari menjawab adzan dan berdoa setelah adzan selesai, di antaranya ialah;

  1. Dosa Diampuni

Etika seorang muslim saat adzan tak hanya meninggalkan segala bentuk kegiatan, melainkan juga menjawab adzan dan berdoa setelahnya. Hal ini ada di dalam hadits,

Barangsiapa membaca ketika mendengarkan sura orang adzan dengan bacaan ( artinya ) : “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan kecuali Allah Yang Maha Esa yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba-Nya. Aku rela ber-Tuhan kepada Allah, dan terhadap Nabi Muhammad sebagai utusan-Nya dan dengan Islam sebagai agamaku”. Maka akan diampunilah dosanya. (HR Muslim)

Dengan membaca doa setelah adzan, insyaAllah dosa yang ada di dalam diri kita diampuni oleh Allah SWT.

  1. Mendapatkan Syafaat

Syafaat merupakan pertolongan dari Rasulullah atas izin Allah SWT di hari akhir nanti. Membaca doa setelah adzan juga dapat membuat kita mendapatkan syafaat, seperti yang tertera dalam hadits,

Barangsiapa berdoa (membaca) setelah mendengarkan suara adzan (dengan do’a yang artinya) : Ya Allah, Tuhan yang memiliki seruan sempurna ini serta shalat yang akan didirikan. Limpahkanlah kepada Nabi Muhammad derajat yang tinggi dan keutamaan, dan bangkitkan-lah beliau pada tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan, berhak-lah baginya untuk mendapatkan syafaatku (yaitu pertolongan Nabi dengan izin Allah) pada hari kiamat. (HR Bukhari – Muslim).

  1. Doa yang Mustajab

Pada saat adzan berkumandang, terdapat waktu-waktu yang mustajab di dalamnya. Waktu yang mustajab ini salah satunya ada ketika Anda membaca doa setelah adzan. Hal ini tertera dalam hadits,

Rasulullah pernah bersabda : Ucapkanlah seperti ucapan muadzin, jika kamu telah selesai, berdoalah maka kamu akan diberi (HR Abu Daud 524 dan IbnHibban 1695 dan dihasankan Syuaib al-Arnauth)

  1. Diberi Shalawat 10 Kali oleh Allah SWT

Membaca doa setelah adzan dan disertai dengan membaca shalawat ternyata membawa banyak kebaikan. Seperti yang tertea dalam hadits, di mana jika kita menjawab adzan yang disertai shalawat, maka Allah akan memberikan kembali sebanyak 10 kali lipat.

“Apabila anda mendengar muadzin, jawablah adzannya. Kemudian bacalah shalawat untukku. Karena orang yang membaca shalawat untukku seklai maka Allah akan memberikan shalawat untuknya 10 kali” (HR. Muslim 384 )

  1. Mendapat Keutamaan

Ada keutamaan yang bisa kita dapatkan dengan menjawab adzan dan berdoa setelahnya, seperti yang ada di dalam hadits,

Barang siapa yang berdo’a (membaca) setelah mendengarkan panggilan suara adzan (yaitu artinya) : Ya Allah yang memiliki seruan (do’a) yang sempurna ini serta shalat yang akan didirikan, limpahkanlah pada Nabi Muhammad satu kedudukan (di surga) dan keutamannya dan bangkitkanlah beliau pada tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan yang bagi pembaca do’a ini akan mendapatkan syafaatku (pertolonganku) nanti pada hari kiamat. (HR. Bukhari)

 

Itulah beberapa keutamaan menjawab adzan dan berdoa setelah adzan berkumandang. Semoga kita tetap istiqomah dalam mengerjakan kebaikan agar mendapat pahala dan syafaat dari Rasulullah. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *