A Muslim pilgrim prays at the top of Mount Noor in Mecca, during the annual pilgrimage (Haj) December 4, 2008. The pilgrims will visit the Hera cave in Mount Noor, where Muslims believe Prophet Mohammad received the first words of the Koran through Gabriel. REUTERS/Ahmed Jadallah (SAUDI ARABIA)

Keutamaan Perbanyak Shalawat di Hari Jumat

Shalawat merupakan salah satu bentuk ibadah ringan yang sangat dianjurkan. Shalawat bertujuan agar kita terus mengingat perjuangan Rasulullah dan sebagai bentuk pujian terhadap Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memiliki hak yang telah Allah SWT isyaratkan atas umatnya agar mereka mengucapkan shalawat dan salam untuk Rasulullah. Allah SWT tak hanya menyuruh umat muslim untuk terus bershalawat, bahkan Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Sesungguhnya Allah dan Malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” [Al-Ahzaab: 56]

Allah bershalawat untuk Rasulullah sebagai bentuk pujian di hadapan malaikat-Nya. Sedangkan malaikat bershalawat untuk Rasulullah sebagai bentuk mendoakan dan umat muslim bershalawat untuk Rasulullah berarti memohon ampunan bagi Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Shalawat merupakan ibadah yang sangat dianjurkan dalam kegiatan sehari-hari, tetapi shalawat memiliki keutamaan lebih jika dilakukan pada hari Jumat. Berikut adalah keutamaan-keutamaan shalawat di hari Jumat.

  1. Mendapat Syafa’at

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ أَوْ سَأَلَ لِي الوَسِيْلَةَ حَقَّتْ عَلَيْهِ شَفَاعَتِي يَوْمَ القِيَامَةِ

Barangsiapa bershalawat kepadaku atau meminta agar aku mendapatkan wasilah, maka dia berhak mendapatkan syafa’atku pada hari kiamat nanti.” (Hadits ini terdapat dalam Fadhlu Ash Sholah ‘alan Nabiy no. 50, Isma’il bin Ishaq Al Jahdiy. Dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani)

Keutamaan shalawat di hari Jumat yang pertama adalah mendapatkan syafa’at kelak di hari akhir.

  1. Dibalas Dengan 10 Kali Shalawat

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَكْثِرُوا الصَّلاَةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَلَيْلَةَ الْجُمُعَةِ، فَمَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ عَشْرًا.

Perbanyaklah kalian membaca shalawat kepadaku pada hari dan malam Jum’at, barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh kali.”

  1. Dosa Diampuni

Semakin banyak bershalawat, maka Allah senantiasa akan mengampuni dosa-dosa kita. Apalagi jika shalawat nabi ini dilakukan pada hari Jumat.

  1. Mengabulkan Doa

Dalam kitab Nawadirul Hikayah karya Syaikh Syihabuddin bin Salamah Al Qulyuby termaktub hadits:

روي عن أنس رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله غليه وسلم: “من صلى عليّ في يوم الجمغة مائة مرة قضى الله له مائة حاجة, سبعين من حوائج الأخرة وثلاثين من حوائج الدنيا. ويوكل الله بصلاته على ملكا حتى يدخلها على قبري كما تدخل على أحدكم الهداية. ويخبرني بإسمه فأثبته عندي في صحيفة بيضاء وأكفئه بها يوم القيامة.

Artinya: diriwayatkan dari Anas radhiyallahu ‘anhu berkata: Rasulullah salallahu ‘alaihi wasalam bersabda: “Barang siapa bershalawat kepadaku di hari Jumat 100 kali, maka Allah akan mengabulkan baginya 100 hajat (kebutuhan), yang 70 dari kebutuhan akhirat dan 30 dari kebutuhan-kebutuhan duniawi. Dan Allah membebankan shalawat tersebut kepada malaikat hingga menghaturkannya ke kuburanku, layaknya (cahaya) hidayah yang masuk kepada kamu sekalian,  dan malaikat memberi tahu akan namanya, kemudian aku menetapkannya di sampingku di dalam lembaran yang putih bersih, dan dengan shalawatnya, aku mencukupinya (memberi syafaat) kelak di hari kiamat,”

  1. Ditempatkan di Tempat yang Paling Dekat Dengan Rasul di Hari Kiamat

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro. Hadits ini hasan ligoirihi –yaitu hasan dilihat dari jalur lainnya-).

 

Itulah beberapa keutamaan shalawat yang bisa Anda terapkan pada hari Jumat. Hari Jumat merupakan hari yang baik untuk memperbanyak ibadah. Semoga kita senantiasa memperbanyak ibadah setiap harinya terutama pada hari Jumat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *