holstein-cows

Inilah Manfaat Dari Berkurban

Idul Adha 1440 Hijriah jatuh pada tanggal 11 Agustus 2019. Itu artinya sebentar lagi umat muslim akan merayakan hari raya kurban. Hari raya Idul Adha ditandai dengan pemotongan hewan kurban Saat ini sudah banyak toko-toko hewan kurban yang menjajakan kambing, domba, sapi, dan kerbau.

Kurban merupakan salah satu bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Kurban diawali dengan kisah Nabi Ibrahim as. dan anaknya, Nabi Ismail as. Sebagaimana yang telah tertulis di dalam Al-Quran.

“Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”. Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya ), dan Kami panggillah dia: “Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata, dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.” (Q.S. Ash Shaafaat : 102-107).

Rasulullah SAW pernah bersabda “Tidaklah anak Adam melakukan suatu amalan pada hari Nahr (Iedul Adha) yang lebih dicintai oleh Allah melebihi mengalirkan darah (qurban), maka hendaknya kalian merasa senang karenanya.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Al Hakim dengan sanad sahih, lihat Taudhihul Ahkam, IV/450)

Ada banyak keutamaan dan manfaat yang bisa kita dapati dari berkurban, seperti:

  1. Menambah Rasa Syukur

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam bersabda:

“Tidaklah seseorang mendapatkan lezatnya iman hingga ia mencintai seseorang yang tidaklah ia mencintainya kecuali karena Allah, dirinya dilempar di api lebih ia sukai dibanding harus kembali kafir setelah Allah selamatkan dirinya dari kekafiran dan Allah serta Rasul-Nya lebih ia cintai dibanding selain keduanya”. (HR.al-Bukhari)

Dengan berkurban, kita sama saja seperti bersyukur atas segala kenikmatan yang telah Allah berikan. Berkurban juga sebagai bentuk kecintaan kepada Allah karena telah melakukan perintah-Nya.

  1. Sebagai Bekal di Akhir

Berkurban sama saja berbagai kepada orang lain yang. Tentu kita semua tahu bahwa saling berbagai atau bersedekah akan mendapat ganjaran pahala yang besar. Pahala dari berkurban ini dapat menjadi bekal untuk di hari akhir nanti. Namun sebaiknya, berkurbanlah dengan hati yang ikhlas, bukan untuk mendapatkan pujian.

لَن يَنَالَ ٱللَّهَ لُحُومُهَا وَلَا دِمَآؤُهَا وَلَٰكِن يَنَالُهُ ٱلتَّقْوَىٰ مِنكُمْ ۚ كَذَٰلِكَ سَخَّرَهَا لَكُمْ لِتُكَبِّرُوا۟ ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمْ ۗ وَبَشِّرِ ٱلْمُحْسِنِينَ

Artinya:” Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.” (Q.S. Al Hajj:37)

  1. Mensucikan Harta dan Jiwa

Harta yang kita miliki bukan sepenuhnya milik kita. Allah menitipkannya pada kita untuk kemudian diberikan kepada orang yang lebih membutuhkan. Dengan berkurban dan berzakat, Anda telah membersihkan harta yang bukan milik Anda sendiri. Juga membantu membersihkan jiwa dari rasa pelit atau kikir.

  1. Meneladani Nabi Ibrahim as.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, berkurban diawali dari kisah Nabi Ibrahim as. Ia mengurbankan anak tercintanya, Nabi Ismail as. sebagai bentuk cintanya kepada Allah SWT. Sikap Nabi Ismail as. yang ikhlas dan mematahui perintah Allah ini patut kita contoh.

  1. Mendapat Ampunan

Ternyata dengan berkurban, kita bisa mendapatkan ampunan dari Allah SWT. sebagaimana dalam sebuah riwayat “Hai Fatimah,berdirilah di sisi korbanmu dan saksikanlah ia, sesungguhnya titisan darahnya yang pertama itu pengampunan bagimu atas dosa-dosamu yang telah lalu” (HR. Al-Bazzar dan Ibnu Hibban)

 

Sobat Duha, itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari berkurban. Semoga kita semua dapat merasakan kebaikan dan manfaat dari berkurban dan senantiasa menyisihkan rezeki untuk bersedekah. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *