11

Manfaat Puasa Sunah Senin Kamis Untuk Kesehatan Tubuh

Dalam islam, ada dua jenis ibadah yaitu wajib dan sunah. Ibadah wajib adalah ibadah yang harus dilakukan dan jika ditinggalkan akan mendapat dosa, contohnya seperti shalat. Sedangkan ibadah sunah adalah ibadah yang dianjurkan yang jika tidak dikerjakan tidak apa-apa tetapi bila dikerjakan mendapat pahala.

Bagi umat muslim, menjalankan ibadah puasa tidak hanya pada saat bulan Ramadhan saja. Ada puasa sunah yang biasa dilakukan yaitu pada hari Senin dan Kamis. Puasa sunah Senin Kamis memiliki keutamaan, Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis.” (HR. An Nasai no. 2362 dan Ibnu Majah no. 1739.)

Puasa sunah yang diterapkan Rasulullah tak hanya mendapatkan pahala, melainkan juga ada manfaat-manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh. Berikut merupakan manfaat yang bisa dirasakan dengan rutin berpuasa sunah Senin dan Kamis.

  1. Meyehatkan Jantung

Sebuah penelitian mengatakan orang yang berpuasa minimal sebulan sekali memiliki riskp 58 persen lebih rendah terkena penyakit jantung jika dibandingkan dengan mereka yang tidak berpuasa sama sekali. Menurut penelitian lain, puasa juga dapat mengurangi resistensi insulin yang dapat menyebabkan diabetes. Meskipun menjaga kesehatan jantung yang utama adalah dengan berolahraga dan menjaga pola makan, berpuasa juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung.

  1. Menjaga Berat Badan Ideal

Salah satu manfaat yang bisa dirasakan dengan rutin berpuasa Senin dan Kamis adalah menjaga berat badan agar tetap ideal. Meski begitu, Anda juga perlu memperhatikan asupan makanan ketika berbuka agar berat badan tidak kembali naik. Saat berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan, sedangkan pembakaran lemak di tubuh terus berlangsung untuk menghasilkan energi. Hal inilah yang dapat mengurangi berat badan dan tingkat kolesterol. Dampak lainnya adalah berat badan yang turun membuat tekanan darah dan diabetes menjadi terkendali.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat lain dari puasa Senin Kamis bagi kesehatan mengakibatkan tekanan oksidatif ringan dan dapat membantu sel saraf memperbaiki kerusakan oksidatif pada DNA. Hal ini mampu menjaga daya ingat agar tetap optimal.

  1. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Penyakit diabetes tipe 2 kini semakin jamak diderita pasien dari beragam usia dan latar belakang. Resistansi insulin atau penurunan fungsi insulin merupakan salah satu faktor pemicu diabetes tipe 2. Puasa banyak dianjurkan praktisi kesehatan sebagai metode terapi untuk mengurangi resistansi insulin dan diabetes tipe 2. Berdasarkan penelitian, tubuh manusia yang menjalani puasa rutin mengalami penurunan kadar gula darah hingga 5-6 persen. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa puasa dapat melindungi ginjal dari kerusakan, yang merupakan salah satu komplikasi penyakit diabetes.

  1. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Pertumbuhan sel abnormal dapat dikurangi dengan berpuasa. Pertumbuhan sel abnormal merupakan tanda dari kanker. Sebuah hasil penelitian menunjukkan penderita kanker yang berpuasa 8-10 jam jelang pengobatan secara rutin tidak merasakan adanya gangguan pencernaan, lemas, dan rasa pegal.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat puasa sunah Senin dan Kamis bisa Anda rasakan tak hanya di dalam tubuh, melainkan juga fisik yang nampak. Sebuah penelitian menyatakan, puasa bisa memperlambat proses penuaan sekaligus mencegah potensi munculnya penyakit pada usia lanjut.

Mereka yang rutin melakukan puasa dalam jeda waktu tertentu cenderung tidak menunjukkan tanda penuaan dini dan terlihat lebih bugar.

Itulah beberapa manfaat puasa Senin dan Kamis yang bisa Anda rasakan. Meski sudah melaksanakan puasa sunah tersebut, Anda juga perlu menjaga pola makan yang sehat agar tetap bugar. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *