rahasia-besar-di-balik-surat-ar-rahman-1512034

Keutamaan yang Terkandung Dalam Surat Ar Rahman

Surat Ar-Rahman merupakan salah satu surat favorit banyak orang. Surat ke 55 di dalam Al-Quran ini mengandung makna arti dan makna yang luar biasa. Imam Baihaqi meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad bersabda :

“Segala sesuatu memiliki pengantin, dan pengantinnya Al Quran adalah Ar Rahman.” , penamaan itu karena indahnya surah ini dan karena didalamnya terdapat sekian kali pengulangan ayat fabi ayyi aalaa’i Rabbikuma Tukadziban, yang diibaratkan dengan aneka hiasan yang dipakai oleh pengantin. Ayat tersebut dalam surat Ar Rahman diulang sebanyak 31 kali. Di antara pengulangan ayat tersebut, mengiringi ayat-ayat yang mengagungkan kebesaran dan kekuasaan Allah SWT. juga terdapat ayat-ayat yang menunjukkan peringatan dan ancaman kepada manusia yang ingkar dan dusta terhadap ayat yang sebelumnya.

Ar-Rahman sendiri merupakan salah satu nama Allah yang memiliki arti ‘Maha Pemberi nikmat dunia dan akhirat.’

Surat ini banyak mengingatkan manusia untuk senantiasa selalu bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan. Tak hanya itu, ada beberapa keutamaan yang terkandung dalam surat Ar Rahman. Berikut adalah keutamaan yang bisa Anda dapatkan dengan rutin membaca surat Ar Rahman.

  1. Ar Rahman Membantu Kita Memuji Allah

Ar Rahman merupakan salah satu sifat Allah dalam asmaul husna, yang berarti Maha Pengasih yang sebenarnya telah membantu kita memuji Allah. Apalagi makna yang terkandung dalam surat-surat Ar Rahman jika kita membacanya dengan sepenuh hati. Allah senantiasa mengurusi dan mencukupi kebutuhan seluruh makhluk hidupnya di alam semesta ini.

  1. Membantu Kita Mengingat Nikmat yang Telah Allah Berikan

Dalam surat Ar Rahman, di antaranya mengandung pembahasan tentang berbagai macam nikmat yang Allah berikan kepada setiap makhluk-Nya. Kenikmatan yang Allah berikan tak hanya untuk manusia melainkan juga kepada golongan jin. Gambaran kenikmatan dari-Nya juga tergambar bukan hanya pada kenikmatan dunia melainkan juga kenikmatan di surga.

  1. Mengingatkan untuk Tidak Kufur Nikmat

Seperti yang sudah dikatakan di atas, ada satu ayat yang berbunyi “fabi ayyi aalaa’i Rabbikuma Tukadziban” dan diulang sebanyak 31 kali. Setidaknya 40% dari total surat ini bermakna untuk selalu mengingat nikmat yang telah Allah berikan kepada makhluk-Nya berupa golongan jin dan manusia. Manusia dan jin merupakan makhluk yang dikenal jarang bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan. Meski begitu, Allah tetap saja memberikan nikmat kepada makhluk-Nya tanpa batasan.

  1. Allah Ridha atas Nikmat yang Ia Berikan

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca Surat Ar Rahman, Allah SWT akan menyayangi kelemahannya dan meridhai nikmat yang dikaruniakan padanya.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/187). Seseorang yang rutin membaca Ar Rahman, maka akan Allah sayangi atas kelemahannya dan Allah juga ridha atas segala nikmat yang diberikan-Nya.

  1. Mengingatkan Ada Makluk Lain yang Beribadah Kepada Allah

Makluk yang dimaksud adalah jin. Jabir berkata: Nabi Muhammad keluar menemui para sahabatnya, lalu beliau membacakan kepada mereka surah Ar Rahman dari awal hingga akhirsurah, dan mereka semua terdiam. Beliau berkata: “aku telah membacakannya kepada Jin pada malam berkumpulnya mereka, dan mereka meresponnya dengan jawaban yang lebih baik dibandingkan kalian semua. Saat aku sampai pada ayat fabi ayyi aalaa’i Rabbikuma Tukadziban(maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?)mereka berkata kami tidak mendustakan apapun dari kenikmatan yang Engkau berikan, bagi Mu segala Puji.” (H.R. Tirmidzi).

Maksud dari hadits ini adalah Rasulullah mengajarkan kepada sahabatnya bagaimana caranya memikirkan dan merenungkan Al Quran; ketika mereka mendengar suatu ayat didalamnya mengandung pertanyaan.

  1. Mendapat Syafaat di Hari Kiamat

Rasulullah bersabda: “jangan tinggalkan membaca surat Ar Rahman, bangunlah malam bersamanya, surat ini tidak menentramkan hati orang-orang munafik, kamu akan menjumpai Tuhan bersamanya(Ar Rahman) pada hari kiamat, wujudnya seperti wujud manusia  yang paling indah dan baunya paling harum, pada hari kiamat tidak ada seorangpun yang berdiri dihadapan Allah yang paling dekat denganNya selainnya. Pada saat itu Allah berfirman: soapakah orang di dunia yang sering bangun malam dan tekun membacamu? Dia menjawab: Ya Robbi, Fulan bin Fulan, lalu wajah mereka menjdi putih. Dan ia berkata kepada mereka: berilah syafaat bagi orang-orang yang mencintai kalian. Kemudian ia memberi syafaat sampai yang terakhir dan tidak ada seorang pun yang tertinggal dari orang-orang yang berhak menerima syafaat mereka. Lalau ia berkata kepada mereka: masuklah kalian ke surga, dan tinggallah didalamnya sebagaimana yang kalian inginkan.”

Itulah keutamaan yang terkandung dalam surat Ar Rahman. Banyak keutamaan dan manfaat yang bisa kita dapatkan dengan membaca surat tersebut jika kita membacanya dengan sepenuh hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *