Manfaat-Kurma

Suka Makan Kurma? Inilah Manfaat yang Bisa Dirasakan!

Buah kurma identik dengan bulan Ramadhan. Buah ini menjadi takjil buka puasa yang disunahkan oleh Rasulullah SAW. Bukan tanpa alasan mengapa buah ini disunahkan dan menjadi buah cemilan favorit banyak orang. Ternyata kurma memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh tubuh. Salah satu manfaatnya adalah untuk mencegah penyakit jantung. Kok bisa? Apa aja sih kandungan kurma dan apa saja manfaatnya? Yuk simak berikut ini.

  1. Untuk Kesehatan Tulang

Ternyata, kurma mengandung boron yang merupakan salah satu nutrisi untuk menyehatkan tulang. Buah-buahan kering dapat memperkuat tulang dan melawan osteoporosis. Hal ini karena buah-buahan kering mengandung mineral seperti fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium. Kurma organik mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium yang di mana semua kandungan tersebut dapat membantu mengelola kesehatan tulang khususnya bagi orang tua.

  1. Melancarkan Pencernaan

Makanan yang kaya akan serat dapat membantu sembelit dan membantu gerakan usus yang sehat. Kurma memiliki tingkat serat makanan dan serat tak larut yang tinggi. Asupan serat mencegah sembelit dan mendorong buang air besar secara teratur. Orang yang menginsumsi kurma secara teratur memiliki sistem pencernaan yang lebih baik daripada yang tidak.

  1. Memberi Energi Tambahan

Gula bisa sebagai sumber energi yang baik. Kurma mengandung gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Kandungan tersebut tak hanya memberikan energi, melainkan juga dapat mengembalikan energi yang hilang. Itulah mengapa buah kurma menjadi takjil yang disunahkan Rasulullah SAW dan menjadi takjil favorit banyak orang.

  1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Buah kurma adalah sumber serat makanan yang baik dan kaya fenolat total dan antioksidan alami, seperti anthocyanin, asam ferulat, asam protocatechuic, dan asam caffeic. Keberadaan senyawa polifenol ini dapat membantu dalam pengobatan penyakit Alzheimer. Kurma melindungi otak dari stres oksidatif dan peradangan.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Kurma mengurangi kadar trigliserida dan mengurangi stres oksidatif. Kedua hal tersebut merupakan faktor risiko penyakit jantung dan aterogenesis. Tak hanya itu, kurma merupakan sumber yang kaya akan potasiu, yang mana dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke.

  1. Membantu Melawan Stres dan Depresi

Kurma mengandung Vitamin B6, yang dapat membantu tubuh membuat serotonin dan norepinefrin, yang meningkatkan kesehatan otak. Serotonin dapat mengatur suasana hati, sedangkan norepinefrin berjuang melawan stress. Banyak mengonsumsi Vitamin B6 dapat membuat perasaan menjadi baik secara mental.

  1. Membantu Meringankan Anemia

Kurma mengandung banyak nutrisi salah satunya adalah zat besi. Anemia disebabkan karena kekurangan zat besi. Mengonsumsi kurma dapat membantu seseorang yang mengalami anemia untuk menguranginya.

  1. Meningkatkan Berat Badan yang Sehat

Menurut USDA kurma yang kaya akan gula, protein, dan banyak vitamin esensial lainnya adalah tambahan yang baik untuk diet Anda. Jika mereka dikonsumsi dengan pasta mentimun, Anda dapat menjaga berat badan Anda pada tingkat yang normal dan seimbang. Tak hanya membantu meningkatkan berat badan. Kurma mengandung antioksidan seperti seperti anthocyanin, fenolik, dan karoten. Mereka akan membuang racun tubuh, meningkatkan pencernaan, dan metabolisme, sehingga mengarah pada penurunan berat badan. Serat yang terkandung dalam kurma dapat membuat kenyang untuk waktu yang lama dan mencegah lonjakan glukosa dalam darah.

Itulah beberapa manfaat kurma yang bisa Anda rasakan manfaatnya. Tak hanya enak karena rasanya yang manis, ternyata kurma juga banyak manfaatnya untuk tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *