825cd03a4b724b2620d1eea0320a4cc5

Manfaat Dzikir

Dzikir merupakan ibadah yang paling mudah, namun tetap saja terasa sulit jika seseorang tidak terbiasa melakukannya. Sebagai manusia, pasti tidak pernah luput dari kesalahan. Bertaubat bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan berdikir. Maka dari itu, dzikir merupakan salah satu cara agar dosa seseorang diampuni. Dzikir berasal dari kata Arab yang berarti mengingat. Sebagaimana firman Allah dalam Surah Al-Baqarah ayat 152: “Karena itu, Ingatlah kamu kepada-Ku niscaya aku ingat kepadamu, dan bersyukurlah kepad-Ku, dan janganlah kau mengingkari (nikmat)-Ku.”

Secara umum, dzikir ialah semua amal atau perbuatan baik yang lahir maupun batin, yang membawa seseorang untuk mengingat Allah dan mendekat (taqarrub) kepada-Nya. Apabila hati selalu tenggelam di dalam dzikir maka berbagai manfaat akan diperoleh oleh seorang pedzikir, baik manfaat secara fisik, jiwa, maupun rohani. Inilah manfaat-manfaat yang bisa Anda rasakan dengan berdzikir.

  1. Dipermudah Dalam Hal Rezeki

Rezeki tak hanya dicari, tetapi juga harus didoakan.  Sebagaima firman Allah QS Al-Jumu’ah ayat 10: “Apabila telah ditunaikan sembahyang, maka bertebaranlah kamu dimuka bumi, dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” Meminta rezeki kepada Allah SWT tak hanya dengan shalat fardu atau sunah, berdzikir dengan istiqomah juga dapat melapangkan rezeki.

  1. Emosional yang Lebih Positif

Jika Anda sedang stress, cobalah untuk berdzikir dan perbanyak mengingat Allah SWT, karena dengan cara tersebut hati akan terasa tentram dan damai. Hal tersebut sudah tertera di dalam Al-Quran surat Ar-Rad ayat 28 dijelaskan: “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram.” Dzikir pada prinsipnya adalah memusatkan pikiran dan perasaan kepada Allah SWT, sehingga saat berdzikir, kita sebagai manusia bisa mengetahui dan mengenal jati dirinya, serta Tuhannya.

  1. Menjauhakan Dari Siksa Api Neraka

Dzikir akan membantu seseorang mengingat siapa dirinya dan Tuhannya. Hal ini akan menjadi pengingat bahwa ada aturan-aturan yang dilarang oleh Allah SWT yang tidak boleh dilanggar. Sehingga dengan berdzikir, seseorang akan menjauhi larangan dan tidak melakukan dosa tersebut. Dengan mengingat Allah SWT, kita tidak akan terjerumus dari api neraka yang paling hina.

  1. Terhindar Dari Gangguan Jin

Sejatinya, jin atau iblis akan mengganggu manusia hingga bumi ini kiamat, itulah yang jin atau iblis janjikan kepada Allah. Jadi, jin atau iblis tidak akan menyukai manusia yang beriman kepada Allah SWT. Dengan banyak dan seringnya kita berdzikir, keimanan kita akan semakin bertambah juga kepada Allah. Sehingga jin atau iblis enggan untuk mendekati kita. Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Imran ayat 176:”Sesungguhnya mereka adalah setan yang menakut-nakuti (kamu) dengan teman-teman setianya, karena itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku, jika kamu orang-orang beriman.”

  1. Kebahagiaan Setelah Kematian

Saat seseorang meninggal dunia, maka seluruh harta dan keluarganya tidak berarti apa-apa. Tidak akan ada yang tinggal bersamanya kecuali amal dan ibadah. Saat itulah amalan dzikir akan memberikan manfaat saat kematian. Imam Ghazali memberikan ilustrasi menarik akan hal ini.

“Ada orang bertanya, ‘Ia sudah lenyap, lalu bagaimana perbuatan dzikir kepada Allah masih tetap kekal bersamanya?”

Imam Ghazali pun menjelaskan:

“Sebenarnya ia tidak benar-benar lenyap, yang juga melenyapkan amalan dzikir. Ia hanya lenyap dari dunia dan alam syahadah, bukan dari alam malakut.”

Hal ini tertera dalam Al-quran Surah Ali Imran ayat 169-170.

Sungguh luar biasa amalan amalan dzikir. Sesibuk apapun kita didunia jangan sampai berpaling dan lupa terhadap kewajiban kita. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui, dalam segala urusan. Pada zaman kini, berdzikir tak hanya dengan tasbih, ada tasbih digital modern yang bisa Anda bawa kemanapun tanpa perlu memakan ruang yang banyak. Semoga bermanfaat!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *