ZAKAT-FITRAH

Perintah Menunaikan Zakat Fitrah dan Hadis

Memasuki hari-hari akhir bulan Ramadhan, seorang muslim biasanya akan lebih meningkatkan ibadahnya. Ada satu kewajiban yang harus ditunaikan oleh umat muslim menjelang akhir Ramadhan, yaitu zakat fitrah. Allah SWT telah memerintahkan umat muslim untuk selalu menunaikan zakat fitrah sesuai dengan waktunya. Apa yang dimaksud dengan zakat fitrah? Kapan zakat fitrah harus dikeluarkan?

Zakat fitrah merupakan salah satu dari jenis zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap individu merdeka dan mampu serta sesuai dengan syarat yang telah ditetapkan. Seperti dalam rukun islam yang ke-4, zakat disebutkan di dalamnya. Maka dari itu, sebagai umat muslim, kita wajib untuk selalu membayar zakat terutama zakat fitrah. Zakat fitrah itu sendiri memiliki arti untuk membersihkan harta dan dan sebagai pelengkap ibadah puasa. Dari Ibnu Umar radhiallahuanhuma sesungguhnya Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda:

عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى الله عليه وسلم    قَالَ : أُمِرْتُ أَنْ أُقَاتِلَ النَّاسَ حَتَّى يَشْهَدُوا أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّداً رَسُوْلُ اللهِ، وَيُقِيْمُوا الصَّلاَةَ وَيُؤْتُوا الزَّكاَةَ، فَإِذَا فَعَلُوا ذَلِكَ عَصَمُوا  مِنِّي دِمَاءُهُمْ وَأَمْوَالُـهُمْ إِلاَّ بِحَقِّ الإِسْلاَمِ وَحِسَابُهُمْ عَلَى اللهِ تَعَالىَ

“Aku diperintahkan untuk memerangi manusia hingga mereka bersaksi bahwa tidak ada Ilah selain Allah dan bahwa Muhammad adalah Rasulullah, menegakkan shalat, menunaikan zakat. Jika mereka melakukan hal itu maka darah dan harta  mereka akan dilindungi kecuali dengan hak Islam dan perhitungan mereka ada pada Allah Subhanahu wata’ala.” (HR. Bukhari no. 25; Muslim no. 22).

 

Zakat fitrah berbeda dengan zakat benda. Jika ibadah puasa berfungsi untuk mensucikan diri dan jiwa, maka zakat fitrah berfungsi untuk mensucikan harta dari kotoran yang selama ini terkumpul ketika bermuamalah dengan sesama manusia. Seperti yang Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam telah menggambarkan dalam hadis,


قال النبي صلى الله عليه وسلم صوم شهر رمضان معلق بين السماء والأرض ولايرفع الابزكاة الفطر

Nabi saw bersabda “puasa bulan Ramadhan digantungkan antara langit dan bumi, dan tidak akan diterima (dengan sempurna oleh Allah swt) kecuali dengan zakat fitrah.”

 

Adapun zakat fitrah yang dikeluarkan berupa makanan pokok 1 sho’. Sebagaimana hadis Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam,

 

عن ابن عمر رضي الله عنهما قال: فرض رسول الله صلى الله عليه وسلم زكاة الفطر صاعا من تمر او صاعا من شعير على العبد والحر والذكر والأنثى والصغير والكبير من المسلمين وأمر بها ان تؤدى قبل خروج الناس الى الصلاة

Dari Ibnu Umar ra Rasulullah saw mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma, atau gandum bagi muslim yang hamba dan muslim yang merdeka laki-laki maupun perempuan, baik muslim anak-anak ataupun  orang tua. Dan hendaklah zakat fitrah ditunaikan sebelum orang-orang selesai mengerjakan halat id.

 

Sebagian ulama menyatakan bahwa yang dimaksud adalah makanan pokok masing-masing negeri. Jika di Indonesia, maka sama saja dengan berzakat fitrah 2,5kg beras. Zakat fitrah tidak diperkenankan menggunakan uang. Hal ini diperkuat bahwa zaman Rasulullah terdapat nilai tukar (uang), dan seandainya boleh dilakukan, maka beliau memerintahkan berzakat dengan uang-uang tersebut, tetapi Rasulullah SAW tidak melakukannya.

Zakat fitrah hanya boleh diberikan kepada fakir miskin atau wakilnya. Zakat ini wajib dibayarkan ketika terbenamnya matahari pada malam Idul Fitri. Zakat fitrah harus dikeluarkan sebelum sholat Idul Fitri berlangsung. Setiap balita hingga orang dewasa memiliki kewajiban membayar zakat sebesar 3,5 liter atau 2,5 kg beras. Apabila ingin menggantikannya dengan uang, maka harus membayar sesuai dengan harga dari 2,5 beras tersebut. Yang selanjutnya bisa salurkan kepada  masjid terdekat atau kepada lembaga amil zakat yang terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *