Muslim_PrayerBangkok_Thailand

Amalan yang Dianjurkan Untuk Mendapat Lailatul Qadar

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat istimewa bagi umat muslim. Salah satu keistimewaan yang ada di bulan Ramadhan adalah adanya malam Lailatul Qadar. Sebagaimana yang sudah banyak umat muslim tahu, malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Malam Lailatul Qadar datang di 10 malam terakhir bulan Ramadhan, namun tidak ada yang tahu pasti kapan malam Lailatul Qadar terjadi, karena ini merupakan rahasia Allah. Bukan tanpa alasan, Allah merahasiakan datangnya malam Lailatul Qadar agar umat muslim selalu memperbanyak ibadahnya.

 

Abu Ishaq Assyirazi, dalam kitabnya Al-Tanbihmenuliskannya sebagai berikut:

 

ويطلب ليلة القدر في جميع شهر رمضان وفي العشر الأخير أكثر وفي ليالي الوتر أكثر وأرجاها ليلة الحادي والعشرين والثالث والعشرين ويستحب أن يكون دعاؤه فيها اللهم انك عفو تحب العفو فاعف عني

 

“Dianjurkan mencari Lailatul Qadar di setiap malam Ramadan, terutama malam sepuluh akhir dan malam ganjil. Lailatul Qadar paling sering diharapkan terjadi pada malam 21 dan 23.”

 

Bagi umat muslim yang sudah tahu keistimewaan malam Lailatul Qadar, mereka akan berlomba-lomba dalam hal ibadahnya. Hanya semata-mata ingin mendapat pahala dan ampunan dari-Nya.

 

Ada amalan-amalan yang bisa dilakukan dengan berharap akan mendapatkan malam Lailatul Qadar. Berikut merupakan amalan-amalan yang bisa Anda lakukan.

  1. Menghidupkan Qiyamul Lail

Menghidupkan qiyamul lail dengan cara shalat isya, tarawih, witir, dan shalat subuh berjamaah. sebutkan dalam hadis riwayat imam Bukhari dari Abu Hurairah, dia berkata bahwa Nabi SAW bersabda:

 

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

 

“Barangsiapa menghidupkan malam Lailatul Qadar (dengan beribadah) karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.”

 

Tidak lupa pula untuk berniat menyambut malam Lailatul Qadar, karena tanpa adanya niat, seseorang tidak akan mendapatkan pahala, keberkahan, dan keutamaan malam Lailatul Qadar. Bahkan, Rasulullah SAW pun menyuruh umatnya agar niat terlebih dahulu dalam mengerjakan sesuatu kebaikan yang disertai dengan keimanan dan keikhlasan.

Mintalah pertolongan atas pengampunan dosa dari Allah agar saat bulan Ramadhan pergi, kita termasuk orang-orang yang diampuni.

 

  1. Perbanyak Baca Al-Quran

Bulan Ramadhan diartikan juga sebagai bulannya Al-Quran. Pada bulan yang mulia ini, umat muslim biasanya akan lebih rajin membaca Al-Quran, terutama saat malam Lailatul Qadar. Ini karena sebagian besar ulama meyakini bahwa Al-Quran turun pada malam Lailatul Qadar. Bahkan Rasulullah SAW membaca Al-Quran pada setiap malam di bulan Ramadhan. isebutkan dalam hadis riwayat imam Bukhari dari Ibnu Abbas, dia berkata;

 

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ وَكَانَ أَجْوَدَ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ وَكَانَ جِبْرِيلُ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ

 

“Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan, dan beliau bertambah kedermawanannya di bulan Ramadan ketika bertemu dengan malaikat Jibril, dan Jibril menemui beliau di setiap malam bulan Ramadan untuk mudarosah (mempelajari) Al-Qur’an.”

 

Tak hanya memperbanyak baca Al-Quran saat malam Lailatul Qadar, alangkah lebih baik jika seseorang dapat mentadaburinya dan mengamalkannya di setiap harinya tak hanya di bulan Ramadhan

 

  1. I’tikaf di Masjid

Beri’tikaf atau berdiam diri dan melakukan banyak ibadah di masjid pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan adalah kegiatan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. alam hadis riwayat imam Bukhari dan Muslim dari Aisyah, dia berkata;

 

كَانَ رَسُولُ اَللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ اَلْعَشْرُ-أَيْ: اَلْعَشْرُ اَلْأَخِيرُ مِنْ رَمَضَانَ- شَدَّ مِئْزَرَهُ، وَأَحْيَا لَيْلَهُ، وَأَيْقَظَ أَهْلَهُ

 

“Nabi SAW ketika masuk sepuluh terakhir bulan Ramadan, mengencangkan kain bawahnya, menghidupkan malamnya, dan membangunkan keluarganya.”

 

I’tikaf merupakan salah satu kesempatan besar umat muslim untuk meraih atau mendapatkan keutamaan malam Lailatul Qadar. Pada saat beri’tikaf, sebaiknya seseorang memperbanyak doa dan memohon pengampunan atas dosa yang selama ini dilakukan.

 

Itulah 3 amalan yang bisa Anda lakukan untuk menjemput dan mendapatkan malam Lailatul Qadar. Semoga kita termasuk orang-orang yang menghidupkan qiyamul lail, memperbanyak baca Al-Quran, dan melakukan i’tikaf dengan harap diampuni segala dosa oleh-Nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *