quran-photo-beautiful-kahf

Keutamaan Mengkhatamkan Al-Quran dan Tips Khatam Saat Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat dinanti oleh setiap muslim di dunia. Pada bulan ini, kitab suci Al-Quran diturunkan. Seperti pada firman Allah SWT,

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)” QS. (Al Baqarah : 185)

Membaca Al-Quran adalah kewajiban dan kebutuhan bagi umat muslim. Al-Quran sebagai solusi dan petunjuk kehidupan manusia. Al-Quran tak hanya untuk dibaca, melainkan isi kandungan yang ada di dalamnya juga untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Keutamaan membaca Al-Quran sudah sangat jelas, salah satunya adalah sabda Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa salam,

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan “alif lam mim” satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469)

Pada bulan yang mulia ini, umat muslim berlomba mengkhatamkan Al-Quran demi mendapatkan pahala yang berkali lipat.  Pahala membaca Al-Quran akan dilipatgandakan saat bulan Ramadhan selama niat kita lurus dan tulus karena ingin beribadah kepada Allah SWT.

Keutamaan lain dari membaca Al-Quran di bulan Ramadhan adalah menajuhkan diri dari godaan setan. Membaca Al-Quran menjauhkan kita untuk berbuat maksiat sebagaimana yang disukai oleh setan. Dengan membaca Al-Quran, insyaAllah iman kita akan semakin kuat sehingga setan tidak dengan mudah menjerumuskan pada kesesatan.

Al-Quran juga bisa membuat kita semakin produktif. Produktif saat membaca Al-Quran di bulan Ramadhan merupakan hal yang baik. Rasa haus, lapar, dan lemas fisik saat berpuasa tidak bisa menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Gunakan waktu semaksimal mungkin dengan melakukan hal-hal baik seperti membaca Al-Quran.

Selain membuat kita menjadi produktif, Al-Quran juga bisa membantu membangun pikiran positif. Isi kandungan yang terdapat di dalam Al-Quran yang kita baca berisi ilmu dan hikmah yang positif sehingga membantu mempengaruhi kita menjadi lebih positif di bulan Ramadhan. Membaca Al-Quran membuat kita menjadi tekondisikan dan akan lebih sering memikirkan sesuatu berdasarkan dalil agama, bukan karena dorongan nafsu dan dorongan negatif.

Membaca Al-Quran bukan hanya berhenti di satu waktu. Melainkan setiap saat dan setiap harinya kita diperintahkan Allah untuk membacanya dan menjadikannya pedoman hidup. Tetapi, membaca Al-Quran di bulan Ramadhan tentunya memiliki keutamaan tersendiri.

Tak hanya menginginkan satu bulan penuh berpuasa menahan lapar, haus, dan hawa nafsu, seorang muslim juga pasti ingin mengkhatamkan Al-Quran di bulan suci ini. Bagaimana tipsnya agar mudah khatam Al-Quran di bulan Ramadhan? Simak tips berikut:

  • Al-Quran terdiri dari 30 juz, setiap juznya terdiri dari 20 halaman (10 lembar). Jika bulan Ramadhan ada 30 hari, maka dalam sehari, Anda perlu membacanya 10 lembar.
  • Buatlah target

Anda perlu membuat target tiap shalat 5 waktu untuk membaca 4 halaman (2 lembar). Dengan begitu, Anda bisa membaca Al-Quran 10 lembar setiap hari atau 1 juz setiap hari. Jika terus dilakukan dan konsisten, pada akhir Ramadhan, Anda akan berhasil mengkhatamkannya.

 

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

« اقْرَإِ الْقُرْآنَ فِى شَهْرٍ » . قُلْتُ إِنِّى أَجِدُ قُوَّةً حَتَّى قَالَ « فَاقْرَأْهُ فِى سَبْعٍ وَلاَ تَزِدْ عَلَى ذَلِكَ »

Bacalah (khatamkanlah) Al Quran dalam sebulan.” ‘Abdullah bin ‘Amr lalu berkata, “Aku mampu menambah lebih dari itu.” Beliau pun bersabda, “Bacalah (khatamkanlah) Al Qur’an dalam tujuh hari, jangan lebih daripada itu.” (HR. Bukhari No. 5054).

Namun, Imam Nawawi berkata, “Kebanyakan ulama berpendapat bahwa tidak ada batasan hari dalam mengkhatamkan Al Qur’an, semuanya tergantung pada semangat dan kekuatan. Dan ini berbeda-beda satu orang dan lainnya dilihat dari kondisi dan person.” (Fathul Bari, 9: 97).

Abu Sa’id Al Khudri ketika ditanya firman Allah,

فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنَ الْقُرْآَنِ

Karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran ” (QS. Al Muzammil: 20). Jawab beliau, “Iya betul. Bacalah walau hanya lima ayat.” (Disebutkan dalam Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 7: 414).

Sobat Duha, itulah keutamaan membaca dan mengkhatamkan Al-Quran selama bulan Ramadhan. Semoga tips yang diberikan dapat menambah ilmu pengetahuan dan menambah semangat kita untuk terus membaca Al-Quran setiap harinya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *