skynews-sleep-sleeping-generic_4508790

Sering Dianggap Remeh, 5 Hal Ini Bisa Mengurangi Pahala Puasa

 

  1. Bergosip

Bergosip atau bergunjing biasanya menjadi aktivitas bagi para wanita bahkan hal ini menyenangkan untuk dilakukan. Namun, tak sedikit juga para lelaki yang membicarakan orang lain dengan temannya. Meskipun bergosip biasa terjadi pada kehidupan sehari-hari, sebaiknya Anda perlu menghindarinya sejak saat ini. Selain tidak mendapatkan manfaat dari hal ini, bergosip dan bergunjing juga merupakan perbuatan yang sangat dilarang oleh Allah SWT. Terlebih saat berpuasa, aktivitas ini dapat mengurangi pahala puasa sehingga Anda hanya akan mendapatkan rasa haus dan lapar. Allah subhanahu wa ta’ala memberi perumpamaan bagi orang yang menggunjing ibarat memakan daging saudaranya yang sudah mati. Allah berfirman,
“Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah orang seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertaqwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang” [QS. Al Hujurat: 12].

 

  1. Marah

Menahan amarah bagi orang yang memiliki tempramen tinggi mungkin akan terasa sulit. Marah adalah penanda bahwa seseorang tidak bisa menahan hawa nafsunya. Hal ini lah yang dapat mengurangi pahala berpuasa. Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW pun sangat tidak menyukai orang pemarah. Kecuali jika marah karena adanya maksiat yang terjadi di sekitarmu. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, seorang lelaki berkata kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Berilah aku wasiat.” Beliau menjawab, “Janganlah engkau marah.” Lelaki itu mengulang-ulang permintaannya, (namun) Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam (selalu) menjawab, “Janganlah engkau marah.” (HR. Bukhari) [HR. Bukhari, no. 6116]

  1. Tidur Sepanjang Hari

Sebenarnya tidur merupakan suatu kegiatan baik dan merupakan salah satu ibadah di saat bulan Ramadhan. Namun, hal itu bukan berarti membuat Anda harus tidur sepanjang hari dan menjadikannya sebagai ibadah. Malah sebaliknya, jika sepanjang hari saat berpuasa Anda hanya tidur-tiduran, kegiatan itu hanya akan mengurangi pahala puasa. Tidur yang merupakan bagian dari ibadah adalah tidur dengan kurang lebih 5 menit saja untuk menghindari hal yang mengurangi pahala puasa lainnya seperti bergosip. Maka dari itu, bukan berarti kamu harus tidur-tiduran sepanjang hari sampai meninggalkan sholat dan membaca Al Quran.

  1. Berbohong

Tak hanya di bulan Ramadhan, berbohong sebaiknya juga Anda hindari dalam kehidupan sehari-hari. Berbohong merupakan salah satu hal yang juga bisa mengurangi pahala berpuasa. Berbohong diharamkan dalam kondisi apapun karena akan mendapatkan dosa. Perbuatan-perbuatan seperti sumpah palsu, kesaksian palsu, bahkan korupsi merupakan beberapa contoh berbohong yang levelnya lebih tinggi. Maka dari itu, Anda tidak boleh berbohong baik ketika sedang berpuasa. Berbohong juga dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Dari ‘Abdullâh bin Mas’ûd Radhiyallahu anhu, ia berkata: “Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Hendaklah kalian selalu berlaku jujur, karena kejujuran membawa kepada kebaikan, dan kebaikan mengantarkan seseorang ke Surga. Dan apabila seorang selalu berlaku jujur dan tetap memilih jujur, maka akan dicatat di sisi Allâh sebagai orang yang jujur. Dan jauhilah oleh kalian berbuat dusta, karena dusta membawa seseorang kepada kejahatan, dan kejahatan mengantarkan seseorang ke Neraka. Dan jika seseorang senantiasa berdusta dan memilih kedustaan maka akan dicatat di sisi Allâh sebagai pendusta (pembohong).’”

  1. Melihat Lawan Jenis Dengan Hawa Nafsu

Memperhatikan atau melihat lawan jenis dengan hawa nafsu tentunya dapat mengurangi pahala puasa karena salah satu arti dari ibadah puasa adalah menahan hawa nafsu. Tidak hanya melihat lawan jenis secara langsung, melainkan juga melalui foto dan video. Maka dari itu, saat berpuasa, Anda perlu menjaga mata yang berfungsi untuk melihat. Melihatlah hanya pada yang baik-baik saja.

Itulah beberapa hal yang dapat mengurangi pahala berpuasa. Bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat bagi kita semua untuk memperbaiki diri dan menambah pahala sebanyak-banyaknya, jangan sampai di kesempatan ini kita malah melewatkannya begitu saja. Semoga kita semua terhindar dari kegiatan-kegiatan yang tidak ada manfaatnya ya, Sobat Duha.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *