Logo Duha

Yuk Kenalan dengan Duha Syariah!

Perkembangan zaman membuat biaya yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan hidup semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Tak jarang pula barang kebutuhan harian rasanya semakin meningkat. Kredit multiguna atau KMG menjadi salah satu pilihan yang dibutuhkan serta diminati oleh masyarakat belakangan ini. Ketertarikan masyarakat dengan metode pembiayaan seperti ini membuat Duha Syariah turut hadir memberikan layanan pembiayaan berbasis syariah.

Duha Syariah merupakan platform yang mempertemukan Pemberi Pembiayaan dengan Penerima Pembiayaan untuk membeli barang atau jasa berdasarkan prinsip syariah (bebas riba). Duha Syariah tidak memberikan pinjaman dalam bentuk tunai, melainkan dengan  pembiayaan produk konsumtif berupa barang atau jasa dan pembiayaan perjalanan umroh atau wisata halal.

Ada 4 akad di dalam Duha Syariah, diantaranya:

  1. Akad Wakalah Bil Ujroh adalah kerja sama pemberian kuasa untuk menyalurkan langsung dana dari Pemberi Pembiayaan (Pemilik Dana) kepada Penerima Pembiayaan melalui platform Duha Syariah.
  2. Waad adalah pemberian janji pembiayaan dari Duha Syariah kepada Penerima Pembiayaan berupa plafond pembiayaan setelah pengajuan pembiayaan disetujui.
  3. Murabahah adalah jual beli atau suatu barang atau jasa dengan tingkat margin yang telah disetujui sebelumnya antara penjual dan pembeli.
  4. Ijarah adalah akad pemindahan hak guna atau manfaat atas suatu barang atau jasa dengan membayarkan sewa atau jasa pemakaian.

Pembiayaan Duha Syariah sudah pasti berbeda dengan sistem peminjaman uang lain yang mengenakan bunga. Duha Syariah memberikan layanan pembiayaan yang mudah, cepat, transparan dan bebas riba sesuai dengan ketentuan prinsip Syariah. Pembiayaan Duha Syariah hanya ditujukan untuk hal-hal yang halal. Tidak dapat membiayai pembelian barang seperti minuman keras/beralkohol, makanan tidak halal. Sedangkan pembiayaan konvensional dengan bunga dapat membeli semua kriteria barang.

Pembiayaan Duha Syariah menerapkan akad-akad yang menjadi dasar perjanjian pembiayaan. Margin/Ujroh pembiayaan disampaikan secara transparan. Duha Syariah menerapkan keuangan Syariah yang melarang riba (bunga). Sedangkan pembiayaan konvensional, kredit diberikan dengan penetapan bunga sebagai harga pinjaman yang diberikan. Peminjam harus membayar pinjaman beserta bunga.

Daftar pembiayaan di Duha Syariah sangat mudah dan cepat. Anda hanya perlu menginstall apps Duha Syariah dan mendaftarkan diri. Produk konsumtif (barang atau jasa) dan perjalanan umroh dan wisata halal bisa melalui e-commerce atau marketplace yang bekerja sama dengan Duha Syariah, yaitu duniahalal.com. Dalam bertransaksi dengan pembiayaan Duha Syariah, Urbun (uang muka) hanya diberlakukan untuk pembiayaan paket perjalanan umroh atau wisata halal sebesar 20%. Sedangkan pembelian barang tidak ada urbun atau uang muka.

Dalam setiap sistem peminjaman pembiayaan pasti memiliki limit besar pembiayaan yang bisa diajukan. Dalam Duha Syariah, Besarnya limit pembiayaan disesuaikan dengan kemampuan Pemohon Pembiayaan dengan maksimal sebesar Rp 20,000,000 untuk pembiayaan konsumtif (pembelian barang/jasa), dan Rp 30,000,000 untuk pembiayaan paket perjalanan Umroh atau wisata halal. Untuk waktu penggunaan limit pembiayaan, plafond pembiayaan akan hangus apabila tidak digunakan dalam waktu 3 bulan setelah persetujuan diberikan. Setelah itu, Pemohon bisa mengajukan kembali dengan mengikuti prosedur yang semula.

Saat ini, Duha Syariah melayani wilayah Jabodetabek, Bandung, Lampung, Palembang, dan Nusa Tenggara Barat. Duha Syariah tidak mengenakan biaya lain seperti biaya pendaftaran, biaya administrasi, dan biaya keterlambatan bayar kepada penerima pembiayaan. Duha Syariah mengedepankan nilai persaudaraan dalam penyelesaian keterlambatan pembayaran cicilan. Kami meyakini Penerima Pembiayaan mau menjaga amanah dengan menyelesaikan seluruh kewajibannya. Info lebih lanjut, cek duhasyariah.com.

2 Comments

  1. Saya ingin mengajukan pinjaman diduha syariah gimana cara isi daftar online formulirnya?terima kasih.

    • Assalamualaikum sobat Duha.
      Pertama, Anda perlu mendownload aplikasi Duha Syariah di play store, kemudian lengkapi data dan submit dokumen yang diminta. selanjutnya kunjungi platform marketplace duniahalal.com, pilih barang atau jasa yang diinginkan. terakhir, pilih metode pembayaran cicilan Duha Syariah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *