cara bersiwak

Cara-Cara Bersiwak Yang Benar

Siwak atau miswak merupakan sejenis kayu khusus untuk memberihkan gigi. Kegiatan bersiwak sudah tidak asing lagi bagi seorang muslim karena Rasulullah SAW sendiri menganjurkan umatnya untuk bersiwak. Konon Rasulullah SAW sangat menyukai dan menghargai siwak hingga ia menyarankan umatnya untuk bersiwak setiap akan shalat. Sebagaimana tertulis dalam hadits dari Abu Huroiroh radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَوْلَا أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي أَوْ عَلَى النَّاسِ لَأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ مَعَ كُلِّ صَلَاةٍ

“Seandainya tidak memberatkan umatku, sungguh aku akan memerintahkan mereka bersiwak  setiap hendak menunaikan shalat.” (HR. Bukhari).

Kalau Sobat Duha ingin mulai bersiwak tapi masih bingung bagaimana cara menggunakannya. Yuk  ikuti tips-tips berikut ;

  1. Menguliti Ujung Kayu

cara menggunakan siwak

Jika Sobat Duha menggunakan kayu siwak yang masih baru, Sobat Duha perlu menguliti ujung kayu siwak tersebut sekitar 1 – 3 cm dengan menggunakan pisau.

 

 

 

  1. Kunyah Ujung Kayu

cara menggunakan siwak

Setelah ujung siwak dikuliti lalu gigit dan kunyah hingga membuat serat kayu ranting jadi terpisah – pisah seperti halnya bulu sikat gigi. Ketika awal dikunyah Sobat Duha akan merasakan sensasi pedas di mulut. Semakin sering Sobat Duha kunyah serat kayu akan semakin terasa lembut.

 

 

  1. Rendam Dalam Air

cara menggunakan siwak

Siwak merupakan alat pembersih mulut yang tradisional, seperti halnya sikat gigi atau produk – produk kesehatan mulut lainnya di jaman sekarang. Untuk menambah sensasi aroma (pengganti pasta gigi) ialah dengan merendam ujung kayu siwak ke dalam air lemon atau air mawar sehingga lebih harum. Merendam siwak ke dalam air juga membuat siwak jadi lebih lunak dan nyaman digunakan.

 

  1. Pegang Siwak Dengan Posisi Yang Benar

cara menggunakan siwakSetelah siwak direndam, waktunya dipakai untuk membersihkan gigi. Caranya dengan menekan ujung kayu yang sudah direndam tadi dengan gerakan naik – turun & berputar pada lapisan gigi. Jangan lupa gunakan siwak ke seluruh permukaan gigi hingga sela – sela yang sulit dijangkau. Menekan siwak jangan terlalu keras atau terlalu dekat dengan gusi karena bisa jadi terluka.

 

  1. Rutin Memotong Bulu Siwak

cara menggunakan siwak

Kalau sikat gigi yang sudah tidak rapi, kita biasa membuangnya dan membeli yang baru. Pada siwak yang sudah usang bulunya, kita bisa memotong bulu – bulu yang sudah usang tadi dengan bagian ranting yang masih rapih. Tergantung dengan pemakaian, biasanya setiap 3 – 6 bulan sekali bulu siwak harus dipotong.

 

  1. Menyimpan Siwak Di Tempat Yang Kering

cara menggunakan siwakCara menyimpan siwak juga perlu diperhatikan. Sediakan tempat khusus untuk menyimpan siwak yang telah Sobat Duha pakai. Pastikan tempat tersebut bersih & kering. Tidak mendorong timbulnya jamur karena kayu cukup rentang dengan situasi lembab. Jauhkan kayu dari wastafel atau toilet untuk menghindari perpindahan bakteri secara tidak sengaja dari percikan air.

 

Kalau Sobat Duha ingin tahu waktu – waktu terbaik untuk bersiwak atau manfaat – manfaat dari bersiwak. Sobat Duha bisa membaca artikel – artikel di sini. Sobat Duha juga bisa membeli dan mencoba langsung siwak yang ada di Dunia Halal, ada berbagai macam pilihan siwak sesuai selera Sobat Duha.

Pasta Gigi Halal Dengan Ekstrak Siwak

cara menggunakan siwakBuat Sobat Duha yang belum terbiasa bersiwak sehari-hari, kamu bisa mencoba pasta gigi halal dengan kandungan ekstrak siwak dari Sasha Halal Toothpaste. Terdapat dua varian, Sasha Halal Toothpaste Herbal yang mengandung ekstrak siwak & daun sirih. Dilengkapi dengan calcium dan fluoride untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi, napas jadi lebih segar & tahan lama.

 

 

cara menggunakan siwakVarian lainnya Sasha Halal Toothpaste Whitening, mengandung siwak, buah lemon & garam, diperkaya dengan fluoride dan calcium. Memberikan perlindungan ganda dengan membuat gigi tampak putih alami sekaligus merawat kekuatan gigi.

 

 

 

Dua varian Sasha Halal Toothpaste ini dipastikan berlabel halal, jadi bebas alkohol dan bebas bahan hewani. Sobat Duha bisa beli di Duniahalal.com dengan harga promo Buy One Get One Free dan GRATIS ONGKIR kemana saja dengan memasukan kode voucher: GRATISONGKIR saat check out. Selamat mencoba yah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *