majelis ilmu

Males Datang Ke Acara Kajian? Baca Dulu Keutamaan Menghadiri Majelis Ilmu

Diajak ke majelis ilmu, males, tapi kalau diajak jalan-jalan ke mall paling getol. Sebenarnya apa sih yang salah dalam diri kita?

Ibn Abbas meriwayatkan: “Rasulullah telah ditanya oleh salah seorang sahabatnya perihal siapa teman duduk yang paling baik. Rasulullah menjawab, ‘Orang yang bila kamu lihat, dapat mengingatkanmu kepada Allah, menambahkan ilmumu dalam pembicaraannya, dan mengingatkanmu kepada akhirat dari amal-amalnya.’

Bukan berarti Sobat Duha gak boleh pergi ke mall. Hanya saja imbangi dengan datang ke tempat-tempat yang membawa kebaikan, seperti majelis ilmu.

Banyak hadis menyebut pentingnya duduk bersama orang-orang shaleh & para ulama. Nabi menyebut majelis ulama seperti duduk sebagai ‘taman-taman surga’. Rasulullah bersabda, “Apabila melewati taman surga, hendaklah kamu duduk di situ; istirahatlah di situ.” Para sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, apa taman surga itu?” Nabi SAW menjawab, “Majelis-majelis ilmu.” Rasulullah juga bersabda, “Barangsiapa yang duduk bersama ulama, maka dia duduk bersamaku. Dan barangsiapa yang duduk bersamaku, seakan-akan dia duduk bersama Allah.”

Adapun keutamaan-keutamaan datang ke majelis ilmu diantaranya;

  1. Mendatangkan Ketenangan Batin

Barangsiapa yang mempelajari Al Qur’an dan menuntut ilmu agama atas kemauan sendiri, tanpa adanya paksaan, maka akan tertanam rasa tenang di hatinya.

وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلاَّ نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمُ الْمَلاَئِكَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَه

“Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah dari rumah-rumah Allah (masjid) membaca Kitabullah dan saling mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka sakinah (ketenangan), mereka akan dinaungi rahmat, mereka akan dilingkupi para malaikat dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di sisi para makhluk yang dimuliakan di sisi-Nya” (HR. Muslim no. 2699).

  1. Pahala Dicatat Seperti Orang Yang Shalat Hingga Kembali Ke Rumah

Kalau Sobat Duha berniat shalat ke masjid, lalu setelah shalat ada pengajian (majelis ilmu). Maka dicatat selama berada di majelis ilmu hingga kembali ke rumah sebagai orang yang sedang shalat.

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

إذا تَوضَّأَ أحدُكُم في بيتِهِ ، ثمَّ أتَى المسجدَ ، كان في صلاةٍ حتَّى يرجعَ ، فلا يفعلْ هكَذا : و شبَّكَ بينَ أصابعِهِ

“Jika seseorang berwudhu di rumah, kemudian mendatangi masjid, maka ia terus dicatat sebagai orang yang shalat hingga ia kembali. Maka janganlah ia melakukan seperti ini.. (kemudian beliau mencontohkan tasybik dengan jari-jarinya)” (HR. Al Hakim no. 744, Ibnu Khuzaimah, no. 437, dishahihkan Al Albani dalam Irwaul Ghalil, 2/101).

Tasybik adalah menjalin jari-jemari.

  1. Dimudahkan Menuju Surga

Ladang pahala menuju surga bisa datang dari mana saja, salah satunya menuntut ilmu di majelis ilmu.

مَن سلَك طريقًا يطلُبُ فيه عِلْمًا، سلَك اللهُ به طريقًا مِن طُرُقِ الجَنَّةِ

“Barangsiapa menempuh jalan menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan jalannya untuk menuju surga” (HR. At Tirmidzi no. 2682, Abu Daud no. 3641, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abu Daud).

  1. Termasuk Jihad Fi Sabilillah

Tidak hanya mendapatkan ilmu baru, pergi ke majelis ilmu dianggap sebagai jihad fi sabilillah. Jidah fi sabilillah untuk melindungi dakwah islam serta menjaga kehormatan, harta, jiwa, dan kaum muslimin. Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

مَن دخَل مسجِدَنا هذا لِيتعلَّمَ خيرًا أو يُعلِّمَه كان كالمُجاهِدِ في سبيلِ اللهِ ومَن دخَله لغيرِ ذلكَ كان كالنَّاظرِ إلى ما ليس له

“Barangsiapa yang memasuki masjid kami ini (masjid Nabawi) untuk mempelajari kebaikan atau untuk mengajarinya, maka ia seperti mujahid fi sabilillah. Dan barangsiapa yang memasukinya bukan dengan tujuan tersebut, maka ia seperti orang yang sedang melihat sesuatu yang bukan miliknya” (HR. Ibnu Hibban no. 87, dihasankan Al Albani dalam Shahih Al Mawarid, 69).

 

Jadi udah gak males untuk pergi acara kajian kan Sobat Duha? Biar kamu gak bosen, Sobat Duha bisa ajak teman atau saudara ramai-ramai datang ke acara kajian dengan tema bermacam-macam biar pengetahuannya seputar agama semakin luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *