sasha pasta gigi halal sunnah siwak

Ini Waktu–Waktu Terbaik Dianjurkan Untuk Bersiwak

Salah satu sunnah Rasulullah SAW yang berkaitan dengan kebersihan ialah bersiwak. Pernah kah Sobat Duha melihat siwak ? Siwak semacam kayu yang digosokan ke gigi untuk menghilangkan kuning dan kotoran gigi. Siwak ini yang digunakan Rasulullah untuk membersihkan gigi Beliau.

Bersiwak hukumnya sunnah / dianjurkan untuk setiap saat, sebagaimana hadits dari Aisyah radhiyallahu ‘anha bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

السِّوَاكُ مَطْهَرَةٌ لِلْفَمِ مَرْضَاةٌ لِلرَّبِّ

“Bersiwak itu akan membuat mulut bersih dan diridhoi oleh Allah.” (Shohih, HR. An Nasa’i, Ahmad, dll).

Waktu Terbaik Untuk Bersiwak

Meski bersiwak bisa dilakukan kapan saja, ada waktu – waktu terbaik dalam bersiwak, diantaranya ;

  1. Saat Berwudhu

Dari Abu Huroiroh radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَوْلَا أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي لَأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ عِنْدَ كُلِّ وُضُوءٍ

“Seandainya tidak memberatkan umatku, sungguh aku akan memerintahkan mereka bersiwak  setiap kali berwudhu.” (HR. Bukhari)

  1. Saat Akan Shalat

Dari Abu Huroiroh radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَوْلَا أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي أَوْ عَلَى النَّاسِ لَأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ مَعَ كُلِّ صَلَاةٍ

“Seandainya tidak memberatkan umatku, sungguh aku akan memerintahkan mereka bersiwak  setiap hendak menunaikan shalat.” (HR. Bukhari)

  1. Saat Akan Membaca Al Qur’an

Dari ‘Ali radhiyallahu ‘anhu berkata: Kami diperintahkan (oleh Rasulullah) untuk bersiwak dan beliau bersabda,

إن العبد إذا قام يصلي أتاه الملك فقام خلفه يستمع القرآن ويدنو فلا يزال يستمع ويدنو حتى يضع فاه على فيه فلا يقرأ آية إلا كانت في جوف الملك

”Sesungguhnya seorang hamba ketika hendak mendirikan shalat datanglah malaikat padanya. Kemudian malaikat itu berdiri di belakangnya, mendengarkan bacaan Al-Qu’rannya, dan semakin mendekat padanya. Tidaklah dia berhenti dan mendekat sampai dia meletakkan mulutnya pada mulut hamba tadi. Tidaklah hamba tersebut membaca suatu ayat kecuali ayat tersebut masuk ke perut malaikat itu.” (HR. Baihaqi, shohih lighoirihi).

  1. Saat Bangun Untuk Shalat Malam

Dari Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu berkata,

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا قَامَ مِنَ اللَّيْلِ يَشُوصُ فَاهُ بِالسِّوَاكِ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam senantiasa apabila hendak shalat malam (tahajjud), beliau membersihkan mulutnya dengan siwak.” (Muttafaqun ‘alaihi, HR. Bukhari dan Muslim).

  1. Saat Akan Masuk Rumah

Dari Al Miqdam bin Syuraih dari ayahnya, dia berkata,

سَأَلْتُ عَائِشَةَ قُلْتُ بِأَىِّ شَىْءٍ كَانَ يَبْدَأُ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- إِذَا دَخَلَ بَيْتَهُ قَالَتْ بِالسِّوَاكِ

Aku bertanya pada Aisyah, “Apa yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lakukan ketika mulai memasuki rumah beliau?” Aisyah menjawab, “Bersiwak” (HR. Muslim).

  1. Saat Bangun Tidur

Sahabat Hudzaifah Radhiallahu ‘anhu menceritakan,

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَامَ مِنَ اللَّيْلِ، يَشُوصُ فَاهُ بِالسِّوَاكِ

Nabi Shollallahu’alaihi wassalam apabila bangun malam, beliau membersihkan mulutnya dengan bersiwak. (HR. Bukhari 245 dan Muslim 255).

Pastinya saat bangun tidur mulut kita menghasilkan bau tak sedap . Apalagi harus langsung shalat tahajjud atau shalat subuh. Ada baiknya mengambil contoh Rasulullah untuk bersiwak sejenak.

 

Pasta Gigi Halal Dengan Ekstrak Siwak

sunnah siwak sashaBuat Sobat Duha yang belum terbiasa bersiwak sehari-hari, kamu bisa mencoba pasta gigi halal dengan kandungan ekstrak siwak dari Sasha Halal Toothpaste. Terdapat dua varian, Sasha Halal Toothpaste Herbal yang mengandung ekstrak siwak & daun sirih. Dilengkapi dengan calcium dan fluoride untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi, napas jadi lebih segar & tahan lama.

 

 

sunnah siwak sasha

 

Varian lainnya Sasha Halal Toothpaste Whitening, mengandung siwak, buah lemon & garam, diperkaya dengan fluoride dan calcium. Memberikan perlindungan ganda dengan membuat gigi tampak putih alami sekaligus merawat kekuatan gigi.

 

 

Dua varian Sasha Halal Toothpaste ini dipastikan berlabel halal, jadi bebas alkohol dan bebas bahan hewani. Sobat Duha bisa beli di Duniahalal.com dengan harga promo Buy One Get One Free dan GRATIS ONGKIR kemana saja dengan memasukan kode voucher: GRATISONGKIR saat check out. Selamat mencoba yah!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *