jenggot sunnah rasul

Sunnah Rasul, Ternyata Ini Manfaat Jenggot Bagi Kesehatan

Apapun yang Rasulullah SAW sarankan, sudah pasti itu ada manfaatnya. Ini yang perlu kita cerna baik – baik. Dalam Al-Qur’an disebutkan, “Apa yang diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah. Dan apa yang dilarang bagimu, maka tinggalkanlah” (Surat Al-Hasyar ayat 7).

Mungkin ayat di atas memiliki makna yang umum, tapi jika kita menelaah lagi, ayat ini menjelaskan sesuatu yang wajib diikuti umat muslim tanpa harus banyak bertanya. Sudah pasti apa yang Rasulullah SAW sarankan memiliki nilai – nilai kebaikan baik kaitannya dengan duniawi maupun akhirat.

Dalam hadis riwayat Muslim, Nabi SAW berkata:

إنما أنا بشر، إذا أمرتكم بشيء من دينكم فخذوه به، وإذا أمرتكم بشيء من رأيي فإنما أنا بشر

Artinya, “Sesungguhnya aku seorang manusia. Bila aku memerintahkan sesuatu yang berkaitan dengan agama maka patuhilah, namun bila aku memerintahkan sesuatu yang berasal dari pendapatku, maka bagaimanapun aku juga seorang manusia,” (HR Muslim).

Sunnah Memelihara Janggut

Salah satu yang menjadi sunnah Rasulullah SAW ialah memelihara janggut.  Keistimewaan ini hanya dimiliki oleh para pria. Sebagian orang berpendapat bahwa berjenggot itu hanya untuk umat islam yang ahli agama saja, yang sholeh, dan lain sebagainya. Padahal memelihara janggut berlaku untuk semua pria muslim. Dalam hadits yang bersumber dari Ibnu Umar, bahwa Nabi SAW bersabda:

أحفوا الشوارب وأعفوا اللحى

Artinya, “Potonglah kumismu dan biarkan jenggotmu panjang,” (HR Muslim).

 

Manfaat Janggut Untuk Kesehatan

Sebelum adanya teknologi canggih di bidang kesehatan saat ini, Rasulullah sudah lebih dulu menyarankan agar para pria muslim memelihara jenggotnya, ternyata hal ini ada manfaatnya bagi kesehatan, seperti  mencegah alergi, memperlambat keriput serta mengurangi resiko kanker. Manfaat lain selengkapnya ;

  1. Melindungi Dari Alergi

Jika Sobat Duha memiliki kulit yang sensitif / alergi terhadap debu & kotoran, janggut dapat memberikan pertahanan bagi hidung dan sistem pernapasan.  Janggut diyakini oleh ahli kesehatan dapat menyaring debu dan serbuk yang masuk melalui hidung ke paru –paru.

  1. Mencegah Tumbuhnya Jerawat

Janggut mampu melindungi kulit wajah, menjaga kelenjar sebaceous dari infeksi yang disebabkan oleh bakteri jerawat membandel. Dengan mencukur jenggot malah mengakibatkan munculnya jerawat dan menimbulkan infeksi kulit. Tetap pelihara janggutmu dengan sering membersihkannya.

  1. Melindungi Dari Paparan Sinar Matahari & Penuaan

Salah satu penyebab utama penuaan dan kerusakan pada kulit wajah ialah paparan sinar matahari secara langsung. Wajah yang sering terkena sinar matahari secara langsung dengan waktu yang cukup lama bisa menimbulkan keriput dan bintik – bintik penuaan (liver spots). Masuk akal jika adanya janggut bisa menutupi kulit wajah langsung dari paparan sinar matahari.

  1. Mencegah Terkena Flu

Janggut yang tumbuh di sekitaran leher dan dagu membuat temperature di sekitar leher lebih hangat. Sehingga mencegah seseorang terkena flu. Makin hangat kita menjaga suhu tubuh dan banyak minum air, maka semakin cepat sembuh dari flu.

  1. Mengurangi Resiko Kanker Kulit

Sebuah studi menjelaskan janggut bisa mencegah kanker kulit karena dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV antara 90 – 95%. Hal ini tentunya dibarengi dengan menggunakan produk proteksi yang tepat terhadap paparan sinar matahari.

 

Pelihara Janggut Dengan Produk Perawatan Terbaik & Halal

Kalau kulit Sobat Duha salah satu yang sulit untuk menumbuhkan jenggot,  tidak ada salahnya mencoba krim atau suplemen khusus penumbuh jenggot. Sobat Duha bisa memilih apakah berbentuk krim, minyak, atau kapsul. Tapi tetap hati – hati, ada banyak merk krim / suplemen penumbuh janggut di pasaran yang mengklaim produknya bagus, kaya akan vitamin, biotin, dan lain sebagainya. Padahal produk – produk tersebut teruji secara ilmiah dan belum terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Ada baiknya memilih yang sudah teruji aman tanpa bahan kimia berbahaya, berbahan alami, dan yang paling penting sudah terdaftar di BPOM, salah satunya krim Wak Doyok Original Berhologram. Sobat Duha bisa pesan di Dunia Halal dengan harga Rp. 135.000 aja! Selamat mencoba..

janggut sunnah rasul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *