menuntut ilmu islam

Menuntut Ilmu Ciri Muslim Sesungguhnya

Apapun yang kita lakukan kalau tidak ada ilmunya akan sia – sia. Ilmu hakikatnya sangat penting untuk kehidupan manusia. Bayangkan berapa banyak masyarakat di dunia yang terbelakang karena rendahnya tingkat pendidikan mereka. Ilmu juga menjadi benteng agar kita tidak mudah dibohongi atau pun diadu domba dengan pihak – pihak yang ingin memanfaatkan kondisi.

Dalam islam sendiri, menuntut ilmu menjadi sesuatu yang wajib serta amalan yang mulia. Bahkan Allah mengangkat derajat manusia yang berilmu.

Sebagaimana firman Allah, (… Allah mengangkat orang beriman dan memiliki ilmu diantara kalian beberapa derajat dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan). (QS. Mujadilah 11).

Adapun beberapa dalil dalam Al Quran mengenai betapa pentingnya ilmu bagi manusia, diantaranya ;

  • Surat Thaha Ayat 114:

قُلْ رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا  [طه:114]

“Dan katakanlah (wahai Nabi Muhammad) tambahkanlah ilmu kepadaku.” [Thaaha : 114]

 

  • Surat Ali Imraan Ayat 18:

هِدَ اللَّهُ أَنَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ وَالْمَلَائِكَةُ وَأُولُو الْعِلْمِ قَائِمًا بِالْقِسْطِ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ 18]

“Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang menegakkan keadilan. Para malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” [Ali Imraan : 18]

 

  • Surah Az-Zumar Ayat 9:

لْ هَلْ يَسْتَوِي الَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَالَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ  [الزمر:9]

“Katakanlah, apakah sama antara orang yang mengetahui dengan orang yang tidak tahu.” [Az Zumar : 9]

 

  • Surat Al – Fathir Ayat 28

إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ

(…. sesungguhnya yang takut kepada Allah diantara hambanya hanyalah orang-orang yang berilmu). (QS. Fathir 28).

 

  • Surat Al – Baqarah Ayat 269

يُؤْتِي الْحِكْمَةَ مَنْ يَشَاءُ ۚ وَمَنْ يُؤْتَ الْحِكْمَةَ فَقَدْ أُوتِيَ خَيْرًا كَثِيرًا ۗ وَمَا يَذَّكَّرُ إِلَّا أُولُو الْأَلْبَابِ

Allah menganugerahkan al hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Quran dan As Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah). (QS. Al-Baqarah : 269)

 

Hadits Tentang Pentingnya Ilmu

Adapun hadits seputar menuntut ilmu diriwayatkan oleh Imam Muslim dalah shahihnya dari hadist Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu. Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ، وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلَّا نَزَلَتْ عَلَيْهِمِ السَّكِينَةُ، وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ ، وَحَفَّتْهُمُ الْمَلَائِكَةُ ، وَذَكَرَهُمُ اللهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ

“Barangsiapa yang menempuh suatu perjalanan dalam rangka untuk menuntut ilmu maka Allah akan mudahkan baginya jalan ke surga. Tidaklah berkumpul suatu kaum disalah satu masjid diantara masjid-masjid Allah, mereka membaca Kitabullah serta saling mempelajarinya kecuali akan turun kepada mereka ketenangan  dan rahmat serta diliputi oleh para malaikat. Allah menyebut-nyebut mereka dihadapan para malaikat.”

 

  • Ilmu menjadi jalan yang memudahkan kita ke surga Allah.

“Barang siapa menelusuri jalan untuk mencari ilmu padanya, Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim).

 

  • Ilmu yang bermanfaat tidak akan terputus pahalanya meskipun orang tersebut telah meninggal

“Jika seorang manusia meninggal, terputuslah amalnya, kecuali dari tiga hal: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau anak shalih yang berdoa untuknya” (HR. Muslim).

 

  • Ilmu merupakan warisan para nabi

“Sesungguhnya para Nabi tidak mewariskan dinar dan dirham, mereka hanyalah mewariskan ilmu. Barangsiapa yang mengambilnya, maka dia telah memperoleh keberuntungan yang banyak.” (HR Abu Dawud no. 3641 dan Tirmidzi no. 2682. Syaikh Al Albani dalam Shohih wa Dho’if Sunan Abi Daud dan Shohih wa Dho’if  Sunan Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini shohih)

Jadi sudahkan Sobat Duha menuntut ilmu hari ini ? Untuk tahu ilmu – ilmu atau fakta seputar kehidupan muslim kunjungi media sosial Dunia Halal ( Facebook, Instagram, Twitter) di @duniahalal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *