wisata halal asia

5 Negara di Asia Dengan Wisata Halalnya Yang Populer

Ketika dunia mulai sadar akan berkembangnya potensi turis muslim. Banyak negara mulai mengembangkan kawasan wisata yang muslim-friendly atau wisata halal. Mastercard-CrescentRating merilis hasil Global Muslim Travel Index (GMTI) untuk tahun 2018, dari data tersebut dipaparkan diperkirakan wisata muslim akan mencapai 220 miliar AS pada tahun 2020. Bahkan pasar ini diproyeksikan akan terus tumbuh hingga 80 miliar AS dan mencapai 300 miliar AS pada tahun 2026. Sungguh angka yang menggiurkan bukan?

Inilah beberapa negara di Asia yang menawarkan kawasan wisata halal yang patut kamu kunjungi ;

  1. Malaysia

wisata halal asia

Negara tetangga Indonesia satu ini berhasil meraih peringkat pertama untuk wisata halal versi GMTI 2018. Adapun indikator yang dinilai berdasarkan lingkungan, ketersediaan tempat ibadah, layanan restoran, keamanan, budaya, kemudahan komunikasi serta pengadaan visa.

Ada banyak pengembangan wisata halal yang dimiliki Malaysia, diantaranya Colmar Tropicale (sebuah miniature pedesaan Perancis), membuat ikon wisata (seperti yang kita ketahui, Twin Towers Petronas) dan kawasan etnis tertentu (China Town dan Kuil Budha Batu Caves).

Namun diantara destinasi di atas, yang paling berbeda ialah destinasi untuk pengobatan. Tercatat, lebih dari satu juta muslim di tahun 2016 datang ke Malaysia untuk berobat. Hal ini didukung oleh faktor sertifikasi halal yang diperoleh banyak rumah sakit di Malaysia.

2. Thailand

wisata halal asia

Setelah dari Malaysia kita meluncur sedikit ke kota Bangkok di Thailand. Bangkok menjadi tempat wisata popular bagi turis muslim di Thailand. Selain banyak tempat atraksi yang bisa dikunjungi, Sobat Duha juga tidak perlu mengocek dompet dalam – dalam. Beberapa tempat wisata seperti Istana Agung, Taman Lumpini, Safari World dan Siam Square.

Wisatawan muslim yang mengunjungi Bangkok akan dikejutkan dengan banyaknya restoran halal dengan cita rasanya yang lezat juga harganya yang terjangkau. Restoran – restoran di sekitar kota yang menyajikan makanan halal otentik seperti Masakan Thai, Indian, Chinese, Middle Eastern & Western Food.

Menemukan masjid di kota ini juga mudah. Sobat Duha dapat menggunakan fasilitas yang disediakan di salah satu masjid yang berlokasi di Masjid Tonson, Masjid Bangkok, Masjid Darool Aman, Masjid Al-Huda dan Masjid Haroon.

3. Jepang

wisata halal asia

Meski masyarakat muslim di Jepang tergolong minoritas, namun tidak perlu khawatir untuk berlibur ke sana. Pasalnya, pemerintah Jepang kini tengah mengincar potensi wisatawan muslim. Beberapa restoran di sana sudah mengantongi sertifikasi halal. Di tempat-tempat umum pun sudah disediakan tempat ibadah bagi umat muslim. Sobat DuHa juga bisa mengunjungi masjid di Jepang bernama Camii Mosque yang berada di Oyama-cho, Shibuya. Meskipun tidak semegah yang ada di Indonesia, tetapi cukup mengobati rasa rindu ke masjid selama ada di sana.

4. Uni Emirat Arab

wisata halal asia

Pariwisata terpopuler di wilayah Timur Tengah ialah kota Dubai. Tidak perlu khawatir, sudah banyak hotel yang telah bersertifikasi halal di wilayah ini bahkan hal ini didukung oleh pemerintah setempat dalam aturan standarisasi halal baik aspek makanan, minuman, pakaian, ketersediaan musala/masjid, waktu salat, kesehatan, dan lain sebagainya.

5. Turki

wisata halal asia

Turki, negara dua benua seluas 783.562 km2 yang membentang dari Balkan Eropa ke Asia memiliki banyak hal yang menarik untuk dilihat. Sekitar 97% dari negara dua benua ini terletak di Asia yang pada jaman dahulu dikenal sebagai Anatolia. Turki merupakan satu-satunya negara mayoritas islam yang menganut paham sekuler. Lebih dari 90% penduduk Turki menganut agama islam. Tidak heran reputasi Turki sebagai negara dengan wisata halal terbaik tidak diragukan lagi. Bahkan Turki menciptakan standar pelayanan yang diperuntukan khusus umat muslim dinamakan Turki Standards Institution (TSE). Setiap hotel yang ingin mendapat sertifikasi halal haruslah mematuhi aturan dan standar yang ditetapkan seperti tidak menyediakan menu alkohol, restoran halal, ketersediaan musala/masjid, dll. Hotel dengan sertifikasi halal sudah menyebar ke berbagai kota di Turki seperti Istanbul, Ankara, Izmir, dan Aydin.

Untuk tahu informasi lebih lanjut tentang wisata halal klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *