sedekah

Keutamaan Sedekah Yang Perlu Sobat Duha Ketahui

Salah satu bukti keimanan dan ketaatan kita pada Allah SWT ialah dengan sedekah. Bersedekah bisa dalam berbagai bentuk, seperti harta benda, ilmu, tenaga & pikiran, hingga senyuman pun bisa dihitung sebagai bersedekah.

“Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah“. (HR. At-Tirmidzi).

“Setiap anggota badan manusia diwajibkan bersedekah setiap harinya selama matahari masih terbit; kamu mendamaikan antara dua orang yang berselisih adalah sedekah; kamu menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang bawaannya ke atas kendaraannya adalah sedekah; setiap langkah kakimu menuju tempat sholat juga dihitung sedekah; dan menyingkirkan duri dari jalan adalah sedekah.” (HR Bukhari dan Muslim).

Banyak sekali kan yang bisa kita lakukan untuk bersedekah ? Karena cangkupan sedekah itu sendiri sangat luas, di sini Dunia Halal akan menjabarkan keutamaan bersedekah terutama bersedekah dengan harta benda kepada orang – orang yang membutuhkan.

 Bersedekah Menghapus Dosa – Dosa

Di dunia ini kita diberikan pilihan untuk menggunakan harta kita, apakah menggunakannya di jalan yang benar atau haram. Jika kita menggunakannya untuk bersedekah bisa menjadi cara untuk menghapus dosa – dosa, tentunya dibarengi dengan taubat dan perbuatan baik.

Nabi SAW bersabda ;

“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.” (HR. At – Tarmidzi).

Bersedekah Melipatgandakan Pahala

Dalam surat Al-Baqoroh: 261 Allah SWT berfirman “Perumpamaan orang-orang yang mendermakan (shodaqoh) harta bendanya di jalan Allah, seperti (orang yang menanam) sebutir biji yang menumbuhkan tujuh untai dan tiap-tiap untai terdapat seratus biji dan Allah melipat gandakan (balasan) kepada orang yang dikehendaki, dan Allah Maha Luas (anugrahNya) lagi Maha Mengetahui“.

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak“. (QS. Al-Hadid: 18)

Dalam sebuah hadits Qudsi dikatakan yang artinya “Barang siapa berniat untuk bersedekah, kecepatan Allah membalasnya lebih dari gerakan sedekahnya“.

Bersedekah Melipatgandakan Harta Kekayaan  

Memang secara kasat mata bersedekah berarti mengeluarkan uang. Tetapi Rasulullah SAW menjelaskan; “Sedekah tidaklah mengurangi harta.” Allah SWT berfirman, “Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya.” (Saba` 39).

Kekuatan dari sedekah mampu meluaskan, melapangkan, dan membuka pintu rezeki. Jadi jangan takut dan ragu – ragu mengeluarkannya. Allah SWT berfirman dalam QS. Saba ayat 39: “Apapun harta yang kalian infakkan maka Allah pasti akan menggantikannya, dan Dia adalah sebaik-baik pemberi rezeki“.

Sedekah Memanjangkan Umur

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri“. (HR. Thabrani).

Sedekah Mengobati Penyakit

Kalau kita sedang sakit pastinya uang dipakai hanya untuk beli obat, ternyata lain halnya menurut Rasulullah SAW, dalam sabdanya “Obatilah orang-orang yang sakit di antara kalian dengan bersedekah.” Kekuatan sedekah ternyata mampu untuk mengobati penyakit, seperti penyakit dari hati dan pikiran.

Sedekah Pemisah Dari Neraka

Nabi SAW bersabda: “Bersedekahlah kamu sekalian, karena sesungguhnya sedekah itu pemisah dari neraka.”

Sedekah haruslah dilakukan tanpa ada pemaksaan, dengan hati yang ikhlas dan semampu kita. Semakin besar kemampuan kita semakin besar sedekah yang diberikan maka akan semakin baik.

Nabi bersabda: “Jauhkan dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma“. (Muttafaqun’alaih)

Amalan Bersedekah Tak Terputus Sampai Mati

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, bahwa Nabi SAW bersabda: “Apabila anak cucu Adam itu mati, maka terputuslah semua amalnya, kecuali tiga perkara yaitu: Shodaqoh jariyah, anak yang sholeh yang memohonkan ampunan untuknya (Ibu dan bapaknya) dan ilmu yang berguna setelahnya“.

 

Untuk Sobat Duha yang ingin menyisihkan hartanya untuk bersedekah bisa melalui Dunia Halal. Ada banyak program donasi yang bisa Sobat Duha kontribusi, salah satunya bantuan untuk korban bencana tsunami di Banten dan Lampung. Untuk keterangan lebih lanjut klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *