logo halal

Inilah Manfaat Logo Halal Pada Kemasan Bagi Produsen

Apakah Sobat Duha salah seorang entrepreneur yang mempunyai produk di bidang kuliner, kosmetik, atau obat – obatan ?  Kalau iya, apakah di kemasan produk sudah ada logo halal ? Mengapa ini begitu penting ?

Dilansir dari goukm.id, Kemenag telah meresmikan sebuah badan khusus sebagai penyelenggara produk halal yang bernama Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Dimana badan ini telah menyerukan setiap usaha apapun terutama yang dapat dikonsumsi atau dipakai sehari – hari diharapkan telah melakukan pengujian sertifikasi halal untuk mendapatkan logo halal di tahun 2019.

Sebagai negara yang mayoritas penduduknya muslim, logo halal menjadi salah satu yang dipertimbangkan konsumen sebelum melakukan pembelian. Namun ini bukan berarti logo halal diperuntukkan bagi konsumen muslim saja. Banyak negara dengan mayoritas non muslim telah menerapkan konsep halal pada produk, karena mereka percaya  produk dengan label halal dijamin kualitas, kebersihan, serta manfaatnya bagi tubuh.

Lantas apa saja kriteria Halal menurut MUI ?

Yang perlu diperhatikan dari pemilik label adalah;

  1. Material berupa bahan atau komposisi yang digunakan produk harus memenuhi Material Safety Data Sheet. Fasilitas yang digunakan untuk memproduksi produk bebas dari bahan haram dan lulus pengujian food contact standard.
  2. Setelah meneliti bahannya, kemasan atau produk terluar juga telah memenuhi syarat higienis, tidak tercampur dengan najis, mencantumkan kode produksi, serta terdaftar dalam MUI. Desain produk hingga bentuk kemasan tidak mengarah pada produk haram.
  3. Penyimpanan & pengiriman. Tidak sebatas hanya dari bahan hingga kemasan, tetapi tempat penyimpanan serta pengiriman pun harus dipastikan kehalalannya.

Meskipun tidak mudah mendapatkan logo halal, harus melewati berbagai persyaratan. Namun produsen yang sudah mengantongi logo halal pada produknya akan mendapatkan berbagai manfaat, diantaranya ;

Akan Diadakan Uji Coba Secara Rutin Pada Produk

Jika produk Sobat Duha mengajukan sertifikasi halal berarti telah membentuk divisi atau departemen khusus yang berurusan langsung dalam mengawasi proses produksi. Untuk itu akan ada tes uji coba secara rutin tergantung dengan jadwal yang telah disetujui.

Mendapat Kepercayaan Konsumen

Karena proses mendapatkannya tidak lah mudah, logo halal jadi memiliki nilai lebih di mata konsumen. Konsumen jadi lebih percaya pada produk Sobat Duha. Merasa lebih tenang, aman, serta nyaman dalam mengkonsumsi atau menggunakannya. Tentu ini bisa jadi salah satu cara untuk meningkatkan penjualan.

Menciptakan Kesan Positif Pada Produk

Label halal pada kemasan produk bisa menjadi salah satu strategi penjualan atau Unique Selling Point yang bagus untuk meningkatkan transaksi. Logo halal pada kemasan meningkatkan kesan positif yang artinya produk Sobat Duha terbukti telah lolos melewati serangkaian uji produk. Sobat Duha tidak perlu repot – repot menghabiskan biaya marketing ekstra untuk meyakinkan keamanan produk yang dijual.

Produk Mampu Bersaing di Luar Negeri

Pengakuan dari label halal tidak hanya diterima di dalam negeri tetapi juga di luar negeri. Bahkan produk Sobat Duha akan lebih dipercaya dibandingkan produk luar negeri yang belum jelas kualitasnya. Jadi jangan takut untuk bersaing!

Tidak semua produk dari luar negeri peduli dengan label halal, sekalipun produk tersebut sudah umum dikonsumsi atau digunakan. Seperti merk kosmetik tertentu, meski terkenal akan kualitas atau warnanya yang bagus tetapi jika belum terbukti halal produk Sobat Duha bisa menjadi alternatif dari kosmetik yang lebih aman & terpercaya.

 

 

Masih banyak lagi kelebihan yang bisa didapat produsen jika produknya sudah mengantongi label halal. Meski mendapatkannya diperlukan perhatian serta usaha khusus namun hasil akhirnya pun insya allah memuaskan, baik untuk penjualan hingga manfaatnya ke konsumen. Kalau Sobat DuHa belum tahu bagaimana cara mendapatkan logo halal, Sobat Duha bisa melihat tata caranya pada website MUI atau mengikuti workshop sertifikasi halal MUI.

Untuk Sobat Duha yang ingin belanja berbagai kebutuhan sehari – hari yang aman, nyaman, & halal bisa kunjungi Duniahalal.com dan nikmati juga berbagai penawaran menarik setiap harinya. Selamat berbelanja !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *