tsunami banten lampung

Bergerak Bersama Bantu Korban Tsunami Banten & Lampung

Tidak ada satu orang pun yang tahu kapan persisnya bencana bisa melanda. Belum hilang di ingatan kita akan bencana gempa bumi yang terjadi di Lombok, lalu gempa &  tsunami di Palu, Donggala, dan sekitarnya. Kini Indonesia kembali berduka, bencana alam kembali datang melanda saudara-saudara kita di Banten & Lampung pada Sabtu, 22 Desember 2018 pukul 21.27 WIB yang menyisakan ratusan korban meninggal.

Tsunami ini terjadi kemungkinan disebabkan oleh meluapnya air akibat erupsi Gunung Anak Krakatau dan menghasilkan gelombang pasang hingga ke permukaan. Dua kombinasi tersebut menyebabkan tsunami yang terjadi tiba-tiba yang menerjang pantai. BMKG masih berkoordinasi dengan Badan Geologi untuk memastikan faktor penyebabnya.

Dua wilayah yang terhantam tsunami, Lampung Selatan dan ujung Banten, terletak di pesisir perairan Selat Sunda, meninggalkan korban sekitar 429 orang meninggal, 1.485 orang luka-luka, 154 orang hilang serta 5.665 orang lainnya mengungsi.  Sementara data kerugian materiil terkait tsunami Selat Sunda juga terus bertambah. Ada 882 rumah yang rusak, 73 penginapan rusak dan 60 warung rusak, 434 perahu dan kapal rusak, 24 kendaraan roda 4 rusak, 41 kendaraan ruda 2 rusak, 1 dermaga rusak, dan 1 shelter rusak. Jumlah itu meliputi korban di 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Serang, Pandeglang, Lampung Selatan, Pesawaran, dan Tanggamus. Dari 5 kabupaten, daerah paling parah terdampak tsunami adalah Kabupaten Pandeglang.

Dalam menanggapi bencana tsunami ini, Dunia Halal bekerjasama dengan Yakesma yang telah lebih dulu melakukan aksi langsung pada tanggal 23 Desember 2018 dengan menerjunkan 38 personel relawan kemanusiaan untuk membantu mengevakuasi korban, mengantarkan jenazah ke Rumah Sakit terdekat, selanjutnya memberikan bantuan pangan berupa nasi bungkus, penyaluran sembako untuk para pengungsi serta melayani bantuan medis dengan menyediakan 3 Armada ambulans, 2 mobil operasional dan pendirian dapur umum di 2 titik.

Kebutuhan yang mendesak saat ini adalah logistik untuk mengevakuasi korban, Logistik bahan makanan, dan bantuan medis yang lebih banyak lagi. Untuk membantu mempercepat bantuan, Sobat DuHa bisa menyalurkan donasi lewat situs Duniahalal.com di Bit.ly/BergerakBersamaDH

Donasi yang diterima Dunia Halal akan disalurkan langsung melalui YAKESMA untuk membantu proses bantuan langsung, evakuasi, layanan medis, serta kebutuhan darurat lainnya.

tsunami banten lampung

Posko Bencana Yakesma

Posko 1

Ponpes Istana Mulia, Kel. Bulakan

Kec Cinangka, Kab Serang

 

 

 

Posko 2

Kp Desa Sukamaju, Kec

Labuan, Kab. Pandeglang (Depan Toko Ban Sumber Agung Labuan)

Posko 3

Sebrang pom bensin labuan,

Ruko Samping KCP BPJS Ketenagakerjaan Labuan

tsunami banten lampung

Sumber @yakesma

Tiga pos ini digunakan sebagai pos induk, pos logistik, dan pos pelayanan kesehatan.

 

 

 

 

Keutamaan Membantu Korban Bencana

Sejatinya bencana datang sebagai peringatan dari Allah SWT untuk kita introspeksi diri atas kekhilafan yang pernah dilakukan terutama bagi masyarakat yang terkena langsung dampaknya. Bencana tersebut merupakan panggilan Allah SWT untuk bersabar, ridha, dan berserah diri.

Adapun bagi masyarakat yang tidak merasakan langsung dampak benacana – bencana tersebut bukan berarti ia lebih suci dan lebih taat dari masyarakat yang terkena bencana. Melainkan sebagai peringatan untuk senantiasa bersyukur dan menjaga nikmat – nikmat  yang Allah SWT berikan hingga saat ini.

Dibalik itu semua, bencana alam bisa menjadi ladang amal shalih yang sangat luas. Ini waktunya kita sebagai muslim untuk meluangkan waktu, tenaga, pikiran, harta benda, serta keahlian untuk membantu para korban.

Di sini Allah SWT hendak menguji seberapa jauh kepedulian dan ketanggapan kita dalam menolong saudara kita yang sedang kesusahan. Sungguh banyak anjuran Rasulullah yang memerintahkan kita untuk peduli dengan kesulitan hidup yang dirasakan oleh sesama manusia, terlebih sesama muslim.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam Bersabda; “Barangsiapa meringankan sebuah kesusahan (kesedihan) seorang mukmin di dunia, Allah akan meringankan kesusahannya pada hari kiamat.”

Jadi untuk apa berpikir dua kali ? Segera ulurkan bantuanmu untuk korban tsunami Banten & Lampung lewat Dunia Halal & Yakesma di sini bit.ly/BergerakBersamaDH

Semoga donasi yang diberikan oleh Sobat DuHa menjadi ladang pahala di akhirat nanti. Amin Ya Rabbal Alamin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *