tips belanja hemat

Belanja Tetap Hemat Saat Gajian? Ikuti Tipsnya Di Sini

Untuk Sobat DuHa karyawan pasti waktu gajian menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu untuk berbelanja. Bahkan sebelum waktu gajian datang, daftar belanjaan sudah panjang. Mulai dari kebutuhan pokok seperti bahan makanan & minuman, produk perawatan diri ( sabun, shampoo, pasta gigi, dll), produk pembersih pakaian, rumah, hingga kebutuhan kendaraan. Selepas dari itu, ada tagihan – tagihan cicilan yang harus dibayar. Rasanya gaji bisa langsung terkuras habis dalam waktu seketika. Benar gak?!

Supaya Sobat DuHa masih bisa menikmati hasil gajian, lebih baik pintar – pintar dalam membelanjakan sesuatu. Berikut Dunia Halal berikan tipsnya ;

  1. Buat Daftar Belanja

tips belanja hematTulisan dalam secarik kertas atau notes di smartphone kamu apa saja yang perlu dibeli. Tuliskan juga prioritas produk mana yang terpenting, kalau perlu dengan merknya, kalau – kalau ada supermarket / marketplace yang menawarkan harga promo. Dengan mencatatnya di kertas atau smartphone, kamu gak kelupaan belanja barang yang penting dan menghindari belanja barang – barang yang gak terlalu dibutuhkan.

  1. Tentukan Jadwal Belanja

Untuk yang punya pemasukan secara bulanan, mengatur kebutuhan memang susah – susah gampang. Gampangnya, Sobat DuHa bisa mengatur sendiri selama sebulan kedepan berapa pengeluaran yang harus dikeluarkan, susahnya, kalau – kalau ada kebutuhan mendesak yang tidak terduga. Maka dari itu Sobat DuHa bisa membuat jadwal sendiri kapan harus berbelanja.

Contohnya, 1 – 2 hari setelah gajian fokus untuk membayar cicilan (jangan sampai kena denda terlambat bayar) seperti cicilan rumah, kendaraan, kartu kredit, dll. Lalu bayar tagihan seperti tagihan listrik, air, telepon, wifi, dll. Di hari 3 – seminggu setelah gajian Sobat DuHa bisa mengatur untuk belanja bulanan seperti kebutuhan pokok & kebutuhan rumah tangga.

Kalau yang penting – penting sudah dibayar di awal, selebihnya Sobat DuHa bisa memanfaatkan uang untuk sesuatu yang menyenangkan seperti untuk rekreasi, belanja pakaian, atau jalan – jalan ke luar kota.

  1. Online Atau Offline Asal Hemat

Di jaman digital ini, belanja tidak melulu harus mendatangi supermarket. Sudah banyak marketplace contohnya Dunia Halal yang menjual berbagai kebutuhan rumah tangga hingga kebutuhan pokok seperti beras, minyak, gula, dan lain – lain. Walaupun harus membayar ongkos kirim tetapi kalau dipikir-pikir sama saja menghemat uang bensin dan parkir kan?

tips belanja hematApapun jenis tokonya, online atau offline asal menawarkan harga hemat pastinya menguntungkan untuk Sobat DuHa. Sobat DuHa bisa mengingat atau mencatat kisaran harga barang belanjaan, jadi kalau ada harga diskon Sobat DuHa bisa tahu. Manfaatkan juga voucher – voucher yang diberikan toko untuk lebih hemat.

 

 

  1. Cerdas Memanfaatkan Promo

Belanja tanpa promo rasanya memang ada yang kurang. Tapi jangan sampai Sobat DuHa tergiur dengan promo – promo palsu, apalagi dengan syarat dan ketentuan yang ribet. Perhatikan betul – betul promo yang digunakan, kalau memanfaatkan promo Sobat DuHa malah harus mengeluarkan uang lebih banyak, baiknya tutup dalam – dalam keinginan pakai promo dan beli saja barang dengan harga normal.

  1. Hindari Belanja Dalam Keadaan Lapar

Dilansir dalam situs web www.livescience.com, belanja dalam keadaan perut lapar bukanlah ide yang bagus. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Universitas Cornell, orang yang berbelanja dalam keadaan lapar membeli makanan lebih banyak dengan kalori yang lebih tinggi seperti cemilan gula, cokelat, kripik, permen dan lain – lain. Sedangkan orang yang berbelanja dalam keadaan kenyang membeli makanan lebih sedikit dan lebih sehat seperti buah, sayuran, lauk segar (ayam, ikan, dll). Hal ini tentu masuk akal, salah satu pemicu kita belanja lebih banyak karena lapar mata. Karena itu, usahakan isi perut Sobat DuHa dahulu di rumah sebelum pergi berbelanja.

  1. Sisihkan Untuk Sedekah

Sebagai seorang muslim pastinya kita tidak boleh melupakan kewajiban untuk senantiasa bersedekah. Memang secara kasat mata bersedekah berarti mengeluarkan uang. Tetapi Rasulullah SAW menjelaskan; “Sedekah tidaklah mengurangi harta.” Allah SWT berfirman, “Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya.” (Saba` 39).

tips belanja hematKalau kamu gak mau ribet, kamu bisa berbelanja sekaligus bersedekah lewat Duniahalal.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *