janggut

Anjuran Memelihara Janggut Bagi Seorang Muslim

Sudah bukan hal yang baru dan aneh lagi jika pria – pria ber janggut diidentikan dengan teroris. Apalagi kabar ini semakin digembar – gemborkan oleh media. Kalau ada satu pria berjenggot di bandara, biasanya pemeriksaan akan lebih lama dan ketat, ini berlaku baik di bandara dalam negeri maupun luar negeri.

Padahal memelihara dan membiarkan tumbuhnya janggut untuk pria muslim merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW. Kalau saja kita meneliti bagaimana penampilan Rasulullah SAW dahulu.

Dari Anas bin Malik – pembantu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam– mengatakan;

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bukanlah laki-laki yang berperawakan terlalu tinggi dan tidak juga pendek. Kulitnya tidaklah putih sekali dan tidak juga coklat. Rambutnya tidak keriting dan tidak lurus. Allah mengutus beliau sebagai Rasul di saat beliau berumur 40 tahun, lalu tinggal di Makkah selama 10 tahun. Kemudian tinggal di Madinah selama 10 tahun pula, lalu wafat di penghujung tahun enam puluhan. Di kepala serta jenggotnya hanya terdapat 20 helai rambut yang sudah putih.” (Lihat Mukhtashor Syama’il Al Muhammadiyyah, Muhammad Nashirudin Al Albani, hal. 13, Al Maktabah Al Islamiyyah Aman-Yordan. Beliau katakan hadits ini shohih).

Hadits di atas menggambarkan keadaan fisik Rasulullah SAW. Rasulullah SAW saja memelihara jenggotnya hingga di usia senja sampai beliau wafat. Lantas mengapa saat ini muslim yang berjenggot harus malu dan takut dicela?

Anjuran Nabi Muhammad Untuk Memelihara Janggut

Sebagai pembeda dengan orang – orang musyrik jaman dahulu yang berkumis. Rasulullah SAW menganjurkan pria muslim untuk memelihara janggut.

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

خَالِفُوا الْمُشْرِكِينَ أَحْفُوا الشَّوَارِبَ وَأَوْفُوا اللِّحَى

“Selisilah orang-orang musyrik. Potong pendeklah kumis dan biarkanlah jenggot.” (HR. Muslim no. 625)

Selain perintah dari hadits di atas, memelihara jenggot juga merupakan sunnah fitroh. Dari Ummul Mukminin, Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

عَشْرٌ مِنَ الْفِطْرَةِ قَصُّ الشَّارِبِ وَإِعْفَاءُ اللِّحْيَةِ وَالسِّوَاكُ وَاسْتِنْشَاقُ الْمَاءِ وَقَصُّ الأَظْفَارِ وَغَسْلُ الْبَرَاجِمِ وَنَتْفُ الإِبْطِ وَحَلْقُ الْعَانَةِ وَانْتِقَاصُ الْمَاءِ

“Ada sepuluh macam fitroh, yaitu memendekkan kumis, memelihara jenggot, bersiwak, istinsyaq (menghirup air ke dalam hidung,- pen), memotong kuku, membasuh persendian, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, istinja’ (cebok) dengan air.” (HR. Muslim no. 627).

Kalau pria muslim mencukur jenggotnya artinya ia telah keluar dari fitroh yang telah Allah SWT anjurkan.

Allah Ta’ala berfirman,

فَأَقِمْ وَجْهَكَ لِلدِّينِ حَنِيفًا فِطْرَةَ اللَّهِ الَّتِي فَطَرَ النَّاسَ عَلَيْهَا لَا تَبْدِيلَ لِخَلْقِ اللَّهِ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

“Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama Allah; (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada penggantian pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (QS. Ar Ruum [30] : 30).

Tips Memelihara Janggut

Kalau Sobat DuHa salah satu pria yang lumayan sulit untuk menumbuhkan janggut. Bisa ikuti tips – tips berikut ini;

janggut

  1. Bersihkan wajah dengan scrub seminggu sekali untuk bantu hilangkan sel-sel mati & merangsang pertumbuhan rambut
  2. Biasakan bersihkan wajah dengan air hangat. Jangan sampai ada minyak, debu, atau sel kulit mati menghambat pertumbuhan rambut.
  3. Gunakan pelembab (moisturizer) secara rutin terlebih usapkan pada bagian – bagian wajah dimana janggut tumbuh.
  4. Tidur yang cukup & hindari stress. Tidur yang cukup membantu memperbaiki sel – sel kulit yang rusak dan meningkatkan pertumbuhan janggut. Jenggot juga akan tumbuh lebih cepat ketika Sobat DuHa tidak stress. Banyak ahli kecantikan dan kesehatan percaya rambut mencerminkan tingkat stress seseorang. Jika kita mampu mengelola stress dengan baik maka pertumbuhan rambut akan baik pula.
  5. Tambahkan nutrisi penumbuh rambut alami seperti minyak kemiri, lidah buaya, mentega, minyak urang – aring, dan lain sebagainya
  6. Gunakan krim khusus penumbuh janggut yang aman. Hati – hati penggunaan krim penumbuh rambut yang mengiming – imingi akan menumbuhkan jenggot dalam waktu singkat namun terkandung bahan kimia yang berbahaya. Sobat DuHa bisa mencoba krim janggut yang sudah terbukti aman dan efektif seperti Krim Wak Doyok.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *