wisata halal akhir tahun

3 Wisata Halal Akhir Tahun Di Indonesia Pilihan Dunia Halal

Melewati bulan Desember suasana-suasana liburan mulai terasa, apalagi Sobat DuHa yang sudah mengambil cuti kantor. Rencana akan liburan kemana, bersama siapa, pasti sudah tersirat di pikiran. Nah, untuk Sobat DuHa yang sedang mencari inspirasi ingin liburan kemana. Kamu bisa contek inspirasi wisata halal di dalam negeri versi Dunia Halal ini;

  1. Aceh

Daerah dengan julukan Serambi Mekah ini memang populer dengan destinasi halalnya. Tidak hanya wisatawan lokal, daerah ini juga kerap dikunjungi wisatawan Timur Tengah ataupun Asia seperti Malaysia & Singapura. Banyak tempat-tempat yang perlu dikunjungi seperti Sabang, Aceh Tengah (Gayo), Aceh Tenggara, sepanjang pantai timur dan pantai barat di Aceh.

Museum Tsunami

Kisah memilukan yang terjadi di kota Aceh pada tahun 2004 meninggalkan kesan tersendiri di kota ini. Kota yang awalnya ramai dalam sekejap hancur dan meninggalkan ribuan orang tewas dan hilang akibat tsunami. Sejarah itu diabadikan di museum tsunami yang terletak di Jalan Sultan Iskandar Muda No. 3, Sukaramai, Baiturrahman, Kota Banda Aceh 23243.

wisata halal akhir tahun

Di museum ini Sobat DuHa bisa mengunjungi ruangan-ruangan dengan filosofi sendiri seperti ruang kenangan, lorong tsunami, sumur doa, lorong cerobong & jembatan harapan.

 

 

 

Masjid Raya Baiturrahman

Tempat wisata halal di Aceh yang patut Sobat DuHa kunjungi selanjutnya ialah ikon masjid kota Aceh, Masjid Raya Baiturrahman. Masjid yang berdiri sejak tahun 1612 dibangun oleh Sultan Aceh kala itu ialah Sultan Iskandar Muda P.

wisata halal akhir tahunBangunan berwarna putih dengan kubah berwarna hitam memiliki tujuh menara yang menambah kemegahan dari masjid ini. Masjid ini cukup populer karena menjadi salah satu bangunan yang tetap berdiri kokoh saat tsunami datang melanda.

 

 

2. Padang

Kalau Sobat Duha pecinta masakan Padang, gak ada salahnya berlibur ke kota ini di akhir tahun. Ibukota Sumatera Barat ini memiliki pantai-pantainya yang menabjubkan seperti Pantai Padang, Pantai Nirwana, Air Terjun Lubuk Hitam, Air Terjun Nyarai, Ngarai Sianok serta Lembah Harau.

Pantai Nirwana

wisata halal akhir tahunHamparan pasir putih, langit yang indah, ombak yang tenang, serta jejeran kapal-kapal yang merapat ke Pelabuhan Teluk Bayur menjadi pemandangan yang cantik untuk diabadikan oleh mata kamera. Banyak wisatawan datang secara khusus ke daerah ini untuk berfoto-foto ria.

 

Pantai Padang

wisata halal akhir tahun

Nama lain dari pantai ini ialah Taplau (Tapi Lauik). Pantai ini mudah dijangkau dari pusat kota karena itu pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Di pantai ini memiliki background lautan lepas serta perbukitan yang cantik.

 

 

3. Banyuwangi

Dulu wilayah ini terkenal akan tempat prostitusi serta lokasi yang kumuh. Setelah pemerintah setempat berbenah, banyak tempat wisata yang bersih serta deretan restoran halal hadir. Sekarang wisata halal di Banyuwangi semakin populer hingga jumlah pengunjungnya mulai menyaingi Bali.

Kawah Ijen

Salah satu destinasi favorit di Banyuwangi ialah Kawah Ijen. Kawah Ijen terletak di perbatasan antara Banyuwangi dan Bondowoso. Di sini kamu bisa menemukan pemandangan yang luar biasa indah salah satunya api biru atau blue fire yang hanya ada dua di dunia ini, salah satunya di Banyuwangi (cukup membanggakan bukan?)

wisata halal akhir tahun

Kawah ini berada di atas ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut, seluas 20 km dikelilingi kaldera setinggi 300 – 500 meter, membuat siapapun yang melihatnya akan terkagum-kagum. Siapapun yang datang bisa mengabadikan momen keindahannya dan menguploadnya di instagram. Pokoknya Instagramworthy banget deh !

 

Blue Bay / Teluk Biru

Kalau Sobat DuHa suka snorkeling Teluk Blue Ray bisa menjadi alternative pilihan karena keindahan bawah lautnya begitu mempesona.  Ditambah dengan ombaknya yang tenang dan terumbu karang yang cantik membuat wisatawan baik lokal maupun internasional betah berlama lama di pantai ini.

wisata halal akhir tahun

Selain snorkeling, aktivitas lainnya yang bisa Sobat DuHa lakukan di teluk biru ini ialah diving, berenang, berlayar menaiki perahu kano, ski air, berjemur, menyantap masakan seafood pinggir pantai dan banyak lagi.

 

 

 

Seru kan Sobat DuHa ? Selamat menikmati waktu liburan yah !

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *