kekuatan doa

Inilah Kekuatan Doa Yang Perlu Diketahui

Dalam islam, doa menjadi sesuatu yang diharuskan. Allah SWT memerintahkan umat-NYA untuk senantiasa berdoa, karena doa menjadi perantara berbicara antara hamba dan Allah Ta a’la.

Manusia hakikatnya adalah makhluk yang lemah dan pasti membutuhkan bantuan dari Allah SWT. Jika kita memiliki cobaan atau ujian hidup, berdoa menjadi jalan keluar untuk menenangkan hati dan meminta pertolongan. Jika seseorang tidak pernah berdoa bisa dibilang ia adalah orang yang sombong.

Adapun kekuatan-kekuatan dari  berdoa yang perlu kamu ketahui, diantaranya;

  1. Doa Merupakan Ibadah

Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, “Do’a adalah ibadah.” (HR. Abu Daud, At Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad.)

Salah satu bentuk ibadah yang mudah dilakukan ialah berdoa. Berdoa bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, di sela-sela aktifitas ataupun di waktu-waktu khusus seperti habis shalat atau setelah mendengarkan adzan.

Sobat Duha bisa berdoa untuk mengucapkan syukur, mengharapkan sesuatu, atau memohon jalan keluar dari permasalahan. Sobat DuHa juga bisa mendoakan diri sendiri maupun orang lain.

  1. Doa Mendatangkan Rahmat Allah SWT

Seseorang yang sering berdoa artinya sering mengingat Allah SWT. Maka kehidupannya akan dipenuhi dengan rahmat dan pertolongan Allah SWT. Seperti dijelaskan dalam surat Al-A’raf;

“Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah Amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-A’raf : 55-56).

  1. Doa Mampu Mengubah Takdir

Pernah kah Sobat DuHa berdoa dan dalam waktu singkat doa tersebut terkabul? Begitu lah kekuatan doa yang tidak bisa diremehkan, apalagi doa kedua orang tua kita. Jika kita ingin mengubah takdir, selain mengubah keadaan juga dibantu dengan dorongan doa.

Mintalah pada Allah SWT apapun yang Sobat DuHa yang inginkan dan berpikir positif doa tersebut dikabulkan. Seperti dijelaskan dari Tsauban RA, Rasulullah SAW bersabda, ”Tidak ada yang dapat mencegah takdir, kecuali doa. Tidak ada yang dapat menambah umur, kecuali kebaikan. Dan seseorang benar-benar akan dihalangi dari rezeki, disebabkan oleh dosa yang diperbuatnya.” (HR. Al-Hakim).

  1. Doa Mengangkat Derajat Seseorang

Allah SWT berfirman dalam hadist Qudsi, “Barangsiapa berdo’a (memohon) kepada-Ku di waktu dia senang (bahagia) maka Aku akan mengabulkan do’anya di waktu dia dalam kesulitan, dan barangsiapa memohon maka Aku kabulkan dan barangsiapa rendah diri kepada-Ku maka aku angkat derajatnya, dan barangsiapa mohon kepada-Ku dengan rendah diri maka Aku merahmatinya dan barangsiapa mohon pengampunanKu maka Aku ampuni dosa-dosanya.”

  1. Doa Mampu Menghapus Dosa-Dosa

Setiap hari, setiap saat, baik disadari atau tidak, pastinya kita selalu berbuat dosa karena hakikatnya tidak ada satu pun manusia yang bisa luput dari dosa. Dengan sering memohon ampunan bisa menggugurkan dosa-dosa tersebut

“Hai anak Adam, sesungguhnya selama kamu berdoa kepada-Ku dan kamu mengharapkan kepada-Ku, Aku ampuni kamu bagaimanapun keadaanmu sebelumnya, Aku tidak perduli. Hai anak Adam, sekiranya dosa-dosamu mencapai awan dilangit, kemudian kamu minta ampun kepada-Ku, Aku ampuni kamu dan Aku tidak perduli. Hai anak Adam, sekiranya kamu mendatangi Aku dengan membawa kesalahan-kesalahan yang hampir memenuhi bumi, kalau kamu bertemu Aku nanti dan tidak menyekutukan Aku dengan sesuatu, pasti Aku mendatangi kamu dengan membawa ampunan yang hampir memenuhi bumi pula.” (HR. Tirmidzi).

  1. Doa Mampu Mengabulkan Keinginan

Apapun keinginan Sobat DuHa yang terpendam bisa dicurahkan lewat berdoa, insya allah bisa terkabul. Sebagaimana dijelaskan dalam hadist shahih;

“Tiap Muslim di muka bumi yang memohonkan suatu permohonan kepada Allah, pastilah permohonannya itu dikabulkan Allah, atau dijauhkan Allah daripadanya sesuatu kejahatan, selama ia mendoakan sesuatu yang tidak membawa kepada dosa atau memutuskan kasih sayang.” (HR Al-Thirmidzi).

Jadi jangan pernah lelah untuk berdoa yah Sobat DuHa. Sudah kah kamu berdoa hari ini?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *