make up halal

Ini Alasan Mengapa Perlu Menggunakan Make Up Yang Halal

Sebagai wanita pastinya tidak bisa terlepas dengan make up / kosmetik. Saat pergi ke kantor, meeting dengan klien, atau pergi ke acara-acara penting membutuhkan kosmetik untuk menjulang penampilan. Banyak wanita menyimpan minimal 3 item make up / kosmetik di dalam tasnya untuk dibawa kemana-mana, mulai dari bedak, lipstick/lipbalm sampai eyeliner.

Sebagai wanita muslim, ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan saat menggunakan kosmetik yaitu kehalalannya. Ternyata banyak loh, merk kosmetik di luar sana yang mengandung kandungan haram, seperti darah binatang atau kolagen babi. Padahal, kosmetik yang halal jauh lebih aman digunakan. Berikut alasan kenapa Sobat DuHa perlu memperhatikan menggunakan kosmetik halal;

  1. Make up/kosmetik merupakan produk yang bisa bereaksi langsung dengan tubuh, baik lewat kulit maupun dari dalam tubuh lewat obat-obatan yang diminum. Karena itu rentan sekali adanya kandungan haram yang bisa diserap tubuh.
  2. Bahan baku pembuatan kosmetik bisa beragam, bisa jadi dari binatang. Hal ini bisa menjadi masalah jika jenis binatang ataupun proses penyembelihan binatang tersebut tidak diketahui dengan jelas.
  3. Ada 3 aspek yang terkandung dalam islam; halal, haram & najis. Hal ini mempengaruhi sah nya ibadah shalat. Saat hendak shalat pastinya tubuh kita harus dalam keadaan suci. Jangan sampai shalat jadi tidak sah karena terpapar najis dari penggunaan kosmetik yang tidak jelas status kehalalan atau kesuciannya.
  4. Beberapa jenis kosmetik biasanya mengandung zat-zat anti air (waterproof) yang menahan air masuk ke pori-pori kulit. Ini bisa menjadikan wudhu kita tidak sah. Sebaiknya dibersihkan dulu kosmetik yang dipakai sebelum shalat baru setelahnya dipakai kembali.
  5. Selain kandungan kosmetik yang berasal dari binatang, kita perlu mewaspadai juga kandungan kosmetik yang dibuat dari industri khamar seperti alkohol.

Untuk lebih amannya, Sobat DuHa bisa belanja segala jenis kosmetik, mulai dari lipstick hingga bedak di Dunia Halal, karena insya allah di Dunia Halal semua produknya sudah melewati mengecekan halal. Jadi gak perlu takut lagi tampil cantik juga halal.