hewan laut halal

Inilah Alasan Bangkai Hewan Laut Halal Dikonsumsi

Daging bangkai ternyata halal lho dimakan?! Tapi jangan salah pengertian dulu Sobat DuHa. Daging bangkai yang dimaksud di sini adalah bangkai dari hewan laut. Kenapa disebut halal?

Pasalnya air laut merupakan pengawet alami terbaik. Di dalamnya terkandung kadar garam yang tinggi. Inilah mengapa bangkai hewan laut yang mati di laut tetap segar dan aman untuk dikonsumsi.

Ikan juga tidak memiliki pembuluh darah sehingga tidak berpotensi adanya pengendapan darah. Berbeda dengan hewan darat yang mati bukan karena disembelih. Di dalam tubuh hewan tersebut darah akan mengendap dan mengakibatkan banyak penyakit. Itu mengapa bangkai hewan yang mati karena sakit, tercekik, atau terpukul haram dikonsumsi.

Jauh sebelum ada penelitian dan teknologi modern yang mendukung hal ini. Al-Qur’an dalam surat Al-Maidah ayat 96 telah menjelaskan;

“Dihalalkan bagimu binatang buruan laut dan makanan (yang berasal) dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu, dan bagi orang-orang yang dalam perjalanan; dan diharamkan atasmu (menangkap) binatang buruan darat, selama kamu dalam ihram. Dan bertakwalah kepada Allah Yang kepada-Nya-lah kamu akan dikumpulkan,” (Q.S Al-Maidah: 96)

Adapun sabda Rasulullah SAW perihal halalnya dua bangkai dan dua darah:

“Telah dihalalkan bagi kamu dua bangkai dan dua darah. Dua bangkai itu adalah ikan dan belalang. Dua darah itu adalah hati dan limpa,” (HR Ibnu Majah no. 3314).

Jawaban Rasulullah SAW ketika ditanya tentang air laut:

“Air laut itu suci, (dan) halal bangkainya.” [HR Abu Dawud, Tirmidzi, an-Nasâ-i, Ibnu Mâjah, dan Ibnu Abi Syaibah, dan ini merupakan lafazhnya, dan telah dishahihkan oleh Ibnu Khuzaimah, dan Tirmidzi dan telah diriwayatkan pula oleh Malik, Syafi’i dan Ahmad].

Jadi jangan takut untuk mengkonsumsi ikan laut yah Sobat DuHa karena insya allah halal dikonsumsi. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk kita semua.

hewan laut halal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *