produk halal

Seberapa Penting Produk Halal Dalam Kehidupan Sehari-Hari?

Sobat DuHa pernah mendengar istilah “You Are What You Eat”? Istilah ini memiliki makna bahwa apapun yang kita makan & minum akan mempengaruhi diri kita. Dalam islam pun hal ini diterapkan. Sebagai seorang muslim kita diharuskan mengkonsumsi yang halal juga thayyib. Mengapa?

Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Baqarah: 172;

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rizki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada Allah kamu menyembah.”

Lewat ayat tersebut Allah SWT memerintahkan hamba-hamba-Nya yang beriman untuk makan makanan yang baik-baik dari rizki yang telah dianugerahkan Allah SWT kepadanya dan agar kita senantiasa bersyukur atas rezeki tersebut. Mengkonsumsi makan & minuman yang halal menjadi salah satu sebab terkabulnya do’a dan diterimanya ibadah-ibadah kita. Sebaliknya makanan & minuman haram bisa menjadi penghalang diterimanya do’a & amalan.

Dalam ayat lain di surat Al-Mu’minun: 51;

“Hai Para rasul, makanlah makanan yang baik-baik dan kerjakanlah amal shalih. Sesungguhnya Aku Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Produk Halal Di Kehidupan Sehari-Hari

Di kehidupan sehari-hari, jika kita membeli produk yang berlabel halal tentulah produk tersebut sudah teruji baik, aman, serta higienis. Karenannya, manfaat dan keuntungan yang didapatkan dari produk halal bukan hanya bisa dirasakan oleh umat muslim saja tetapi juga semua golongan agama.

Produk yang sudah berlabel halal, khususnya dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), berarti produk tersebut sudah melalui serangkaian proses pengujian. Mulai dari penyediaan bahan baku pembuatan, pengolahan, penyimpanan, pengemasan, pendistribusian, penjualan hingga penyajian sehingga aman dikonsumsi.

Adapun beberapa jenis makanan haram yang disebutkan dalam surat Al Baqarah ialah;

“Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” ( Al-Baqarah 173).

 

Kunjungi Dunia Halal untuk belanja produk produk halal terpercaya & terlengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *