manajemen waktu

5 Tips Manajemen Waktu Dalam Islam

“Rasulullah SAW. bersabda kepada seorang laki-laki, beliau menasihatinya, ‘Jagalah lima sebelum lima, yaitu masa mudamu sebelum masa tuamu, sehatmu sebelum sakitmu, cukupmu sebelum fakirmu, longgarmu sebelum sempitmu, dan hidupmu sebelum matimu’.”

Salah satu nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita adalah waktu. Allah SWT menciptakan waktu agar kita dapat memanfaatkannya sebaik mungkin di dunia demi bekal kita nanti di akhirat.

Islam mengajarkan kita untuk senantiasa menghargai waktu dengan banyak beribadah dan melakukan hal-hal yang baik & berguna. Seringkali kita terlena dengan menyia-nyiakan waktu dengan kegiatan yang buruk ataupun kurang bermanfaat. Agar terhindar dari kebiasaan tersebut, yuk Sobat DuHa ikuti tips-tips berikut;

  1. Kerjakan Yang Wajib

Sebagai seorang muslim pasti paham hal-hal wajib yang harus dilakukan seperti shalat 5 waktu, membaca Al – Qur’an, puasa Ramadhan, zakat, sedekah, dan banyak lagi. Allah SWT menyukai orang-orang yang selalu mendahulukan apa yang menjadi kewajiban sebagai seorang muslim. Jika amalan wajib sudah dijalankan maka setelahnya sempurnakan dengan amalan-amalan sunnah agar waktu kita senantiasa menjadi ladang pahala.

  1. Tinggalkan Yang Kurang/Tidak Bermanfaat

Bermain game online, nonton tv atau tidur seharian pastinya buang-buang waktu. Sebagai seorang muslim dianjurkan meninggalkan hal-hal yang kurang atau bahkan tidak bermanfaat. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Rasulullah SAW, beliau bersabda: “Di antara kebaikan Islam seseorang adalah meninggalkan hal yang tidak bermanfaat.” (HR. Tirmidzi)

  1. Jauhkan Kebiasaan Menunda-Nunda

Tidak ada yang menjamin kita masih bisa berdiri, masih bisa berjalan, dan melakukan ini-itu esok hari. Jangan lah suka menunda-nunda melakukan amalan. Tidak ada yang tahu kapan Allah SWT akan memanggil hamba-Nya. Jika hari itu tiba, tidak ada yang bisa dilakukan untuk mengembalikan waktu.

  1. Tinggalkan Masa Lalu & Fokus Ke Masa Depan

Kebiasaan buruk, sifat malas, dan sifat gampang menyerah di masa lalu ditinggalkan. Waktu terus berjalan, jangan sampai kamu terjebak di masa lalu. Buatlah perencanaan hidup yang lebih baik dan terarah di masa depan.

  1. Senantiasa Menyerukan Kebaikan

Dalam (QS. Al-‘Asr ayat 1-3) Allah SWT berfirman : “Demi masa. Sungguh, manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.”

Sungguh merugi orang-orang yang tidak beriman dan tidak menyerukan kebaikan & menasihati orang-orang yang berada dalam kesesatan untuk bersabar dalam jalani hidup ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *