jodoh

Ini Yang Harus Dilakukan Agar Segera Dapat Pasangan Halal

  1. Pilihlah Pasangan Berdasarkan Keimanannya

Ada banyak faktor seseorang memilih jodoh. Ada yang atas dasar kecantikan atau ketampanannya, keturunannya, kedudukannya serta hartanya. Namun menurut Rasulullah diantara semua pilihan tersebut, pilihlah jodoh atau pasangan berdasarkan agamanya. Karena agama adalah tiang dari bahtera rumah tangga, tidak boleh dinomer duakan ataupun dikesampingkan. Kelak rumah tangga yang didasari atas dasar keimanan akan menghadirkan rasa tenang dan bahagia.

  1. Bergaul dan Berkumpul Dengan Orang-Orang Shaleh

Jodoh merupakan cerminan dirimu. Terkadang jodoh hadir dari orang-orang terdekat, bisa teman, sahabat, rekan kerja/bisnis, dan banyak lagi. Maka dari itu, jika kita menginginkan jodoh yang shaleh maka bergaul lah dengan orang-orang shaleh. Perbanyak menghabiskan waktu di tempat-tempat yang baik seperti pengajian, kajian ilmu, kegiatan sosial, dan sebagainya.

  1. Hindari Pacaran

Godaan terkadang hadir dimana saja. Melihat foto-foto pasangan yang belum sah di media sosial ataupun pengaruh lingkungan sekitar terkadang bisa saja menjerumuskan kita ke perilaku yang tidak baik, salah satunya pacaran. Jika Sobat DuHa sudah membulatkan niat untuk menikah maka ada banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk mengenal calon pasangan di luar pacaran, contohnya bergaul dengan teman-temannya untuk menanyakan sifat dan kebiasaan calon pasangan dan shalat istikharah.

  1. Meminta Bantuan Orang Tua/Wali/Orang Yang Paham Agama Untuk Dicarikan Jodoh

Jalan pertama ketika kita menginginkan dicarikan jodoh adalah lewat orang tua, karena mereka adalah orang yang paling tahu sifat juga kebiasaan kita dari kecil. Doa orang tua juga merupakan doa yang mustajab;

“Ada tiga jenis doa yang mustajab (terkabul), tidak diragukan lagi, yaitu doa orang yang dizalimi, doa orang yang bepergian dan doa kejelekan kedua orang tua kepada anaknya.” (Diriwayatkan oleh Al Bukhari dalam Al Adabul Mufrod no. 32. Dikatakan hasan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih Al Adabul Mufrod no. 24).

  1. Rajin Mengerjakan Shalat Wajib & Sunnah

Setelah ikhtiar semua sudah dijalankan maka sempurnakan dengan berdoa dan tawakal. Berdoa di waktu sepertiga malam menjadi waktu yang tepat untuk memohon dan menyerahkan segala urusan hanya kepada Allah SWT.

Dan bersabarlah dalam menunggu ketetapan Tuhanmu, maka sesungguhnya kamu berada dalam penglihatan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika kamu bangun berdiri, dan bertasbihlah kepada-Nya pada beberapa saat di malam hari dan di waktu terbenam bintang-bintang (di waktu fajar). (Ath- Thuur: 48 – 49)

  1. Membuka Diri Dan Jangan Berputus Asa

Ikhtiar sudah, doa sudah, tapi belum juga tanda-tanda jodoh datang? Jangan berputus asa Sobat DuHa. Percaya lah kalau rezeki, maut, jodoh, memang sudah ditetapkan oleh Allah SWT bahkan sebelum kita dilahirkan di dunia ini. Tidak akan pernah tertukar atau pun hilang. Sebagaimana firman Allah;

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir. (QS. Ar-Rum : 21).  

Terus membuka diri dan percaya atas rahmat Allah SWT. Semoga tips-tips di atas bisa membantu Sobat DuHa untuk segera mendapatkan pasangan halalnya. Amin Ya Rabbal Alamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *