berdzikir

Inilah Keutamaan Berdzikir Setelah Shalat

Sudah menjadi kewajiban bagi setiap muslim untuk menjalankan shalat 5 waktu dalam sehari sesibuk apapun aktivitas kita. Terkadang di sela-sela waktu yang padat, kita menjalankan shalat dengan durasi yang singkat dan setelahnya langsung pergi begitu saja. Padahal, jika kita mempersiapkan waktu lebih untuk berdzikir setiap habis shalat maka menjadi bagian dari kekhyusu’kan shalat itu sendiri.

 “Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat ( mu ), ingatlah Allah ketika berdiri, ketika duduk dan ketika berbaring.” (QS An Nisaa’: 103)

Sebenarnya berdzikir  bisa dilakukan kapan saja dan dalam kondisi apapun. Baik siang maupun malam, secara terang-terangan atau sembunyi, di darat maupun lautan, dalam keadaan sehat ataupun sakit. Namun, berdizikir setelah shalat memiliki keutamaan khusus, diantaranya;

  1. Meningkatkan Rasa Khusyu’ Dalam Berdoa

Tentunya shalat terbaik dilakukan secara khidmat dan tidak buru-buru. Setelah shalat kita mengucapkan doa kepada Allah SWT dibarengi dengan dzikir, hal ini bisa meningkatkan rasa khusyu’ dalam berdoa dan rasa keimanan kita.

  1. Melembutkan Hati

Memiliki hati yang sabar, lembut dan tenang dalam kehidupan sehari-hari memang tidaklah mudah. Ada saja godaan yang hadir setiap saatnya. Dengan menyebut nama Allah SWT sebanyak-banyaknya mampu melembutkan hati kita, terhindar dari perbuatan buruk, dan hati yang keras.

  1. Menjauhkan Diri Dari Kesesatan & Godaan Syaitan

Godaan syaitan bisa hadir dalam segala kondisi bahkan saat shalat yang menyebabkan tidak khusyu’, lupa, terburu-buru, dan lain sebagainya. Dengan berdzikir secara rutin bisa menutup peluang syaitan untuk menjerumuskan kita dalam keburukan.

  1. Menumbuhkan Ketenangan Hati

Jika hati terasa sedih, stress, tidak tenang, gelisah maka ingatlah Allah SWT. Dengan mengingat Allah SWT pasti hati akan menjadi tenang dan tentram berkat izin Allah SWT.

“Ingatlah. Hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram.” (QS Ar Ra’d: 28)

  1. Menaikan Derajat Di Sisi Allah SWT

Derajat seseorang di sisi Allah SWT bergantung pada amal dan perbuatan dari masing-masing manusia. Dengan rutin berdzikir, tentu derajat kita akan lebih tinggi dan lebih baik. Daripada mengisi waktu luang dengan bermain gadget alangkah lebih baik mengingat dan menyebut Asma Allah.

  1. Menjadi Jalan Untuk Istiqomah

Setiap diri manusia pasti ingin mendapatkan jabatan serta kedudukan yang tinggi baik di hadapan Allah SWT maupun sesama manusia. Untuk memperoleh jabatan yang tinggi di hadapan manusia tentunya dengan pendidikan yang tinggi, keterampilan keahlian dan lain sebagainya. Sedangkan derajat yang tinggi di hadapan Allah SWT salah satunya lewat dzikir.

berdzikir

“Hai Orang-orang yang beriman, berdzikirlah dengan menyebut nama Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbilah kepadanya di waktu pagi dan petang (QS. Al-Ahzab ayat 41 dan ayat 42).”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *