wisata halal

5 Negara Ini Menawarkan Wisata Halal Terbaik

Industri pariwisata halal di dunia saat ini semakin berkembang. Tidak hanya di negara dengan mayoritas muslim, tapi negara-negara non-muslim pun turut berinovasi menghadirkan kawasan wisata halal. Wisata halal di sini mengacu pada makanan & minuman halal, fashion, penginapan, hingga lokasi wisata yang ramah terhadap turis muslim. Semua yang ada di kawasan wisata halal akan menyesuaikan dengan aturan umat muslim.

Jika dahulu sebagai wisatawan muslim cukup was-was menyantap hidangan saat liburan di negara lain, atau sulitnya menemukan masjid selama di perjalanan, kini dengan adanya tren wisata halal keresahan itu agaknya bisa dikurangi. Adapun negara-negara yang memiliki reputasi wisata halal terbaik di dunia diantaranya;

  1. Malaysia

Negara tetangga Indonesia satu ini berhasil meraih peringkat pertama untuk wisata halal versi GMTI 2018. Adapun indikator yang dinilai berdasarkan lingkungan, ketersediaan tempat ibadah, layanan restoran, keamanan, budaya, kemudahan komunikasi serta pengadaan visa.

Ada banyak pengembangan wisata halal yang dimiliki Malaysia, diantaranya Colmar Tropicale (sebuah miniature pedesaan Perancis), membuat ikon wisata (seperti yang kita ketahui, Twin Towers Petronas) dan kawasan etnis tertentu (China Town dan Kuil Budha Batu Caves).

Namun diantara destinasi di atas, yang paling berbeda ialah destinasi untuk pengobatan. Tercatat, lebih dari satu juta muslim di tahun 2016 datang ke Malaysia untuk berobat. Hal ini didukung oleh faktor sertifikasi halal yang diperoleh banyak rumah sakit di Malaysia.

2. Turki

Turki merupakan satu-satunya negara mayoritas islam yang menganut paham sekuler. Lebih dari 90% penduduk Turki menganut agama islam. Tidak heran reputasi Turki sebagai negara dengan wisata halal terbaik tidak diragukan lagi. Bahkan Turki menciptakan standar pelayanan yang diperuntukan khusus umat muslim dinamakan Turki Standards Institution (TSE). Setiap hotel yang ingin mendapat sertifikasi halal haruslah mematuhi aturan dan standar yang ditetapkan seperti tidak menyediakan menu alkohol, restoran halal, ketersediaan musala/masjid, dll. Hotel dengan sertifikasi halal sudah menyebar ke berbagai kota di Turki seperti Istanbul, Ankara, Izmir, dan Aydin.

3. Maroko

Untuk Sobat DuHa yang ingin berpergian jauh ke benua Afrika bisa mampir ke Maroko. Maroko memiliki destinasi wisata muslim yang cukup popular salah satunya padang pasir Sahara. Sobat DuHa bisa merasakan pengalaman menunggangi unta di tengah padang pasir. Selain itu ada pasar tua Djemaa El Fna (Medina) yang dipadati dengan ratusan kios makanan khas Maroko, dan tidak ketinggalan masjid-masjid dengan bentuk yang unik dengan ukiran khas Maroko.

4. Uni Emirat Arab

Pariwisata terpopuler di wilayah Timur Tengah ialah kota Dubai. Tidak perlu khawatir, sudah banyak hotel yang telah bersertifikasi halal di wilayah ini bahkan hal ini didukung oleh pemerintah setempat dalam aturan standarisasi halal baik aspek makanan, minuman, pakaian, ketersediaan musala/masjid, waktu salat, kesehatan, dan lain sebagainya.

 

5. Jepang

Meski masyarakat muslim di Jepang tergolong minoritas, namun tidak perlu khawatir untuk berlibur ke sana. Pasalnya, pemerintah Jepang kini tengah mengincar potensi wisatawan muslim. Beberapa restoran di sana sudah mengantongi sertifikasi halal. Di tempat-tempat umum pun sudah disediakan tempat ibadah bagi umat muslim. Sobat DuHa juga bisa mengunjungi masjid di Jepang bernama Camii Mosque yang berada di Oyama-cho, Shibuya. Meskipun tidak semegah yang ada di Indonesia, tetapi cukup mengobati rasa rindu ke masjid selama ada di sana.

Gimana Sobat DuHa? Seru-seru kan negaranya? Kalau kamu ingin tahu lebih banyak tentang wisata halal, bisa baca artikel selanjutnya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *