al kahfi

Anjuran Membaca Surat Al Kahfi Di Hari Jumat

Bagi umat muslim, hari Jum’at merupakan hari yang mulia karena memiliki banyak keutamaan. Allah SWT telah mentakdirkan banyak kejadian besar di hari ini. Adapun beberapa amal ibadah dikhususkan dijalankan pada hari ini, baik saat siang ataupun malam hari salah satunya shalat Jum’at bagi laki-laki.

“Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling afdhal adalah hari Jum’at. Pada hari itu Adam diciptakan dan diwafatkan, dan pada hari itu juga ditiup sangkakala dan akan terjadi kematian seluruh makhluk. . . . ” (HR. Abu Dawud, an Nasai, Ibnu Majah, Ahmad, dan al Hakim dari hadits Aus bin Aus).

Salah satu diantara banyak Sunnah Rasulullah SAW di hari Jum’at adalah membaca surat Al Kahfi. Nabi Shallallahu ‘alaihi Wasallam bersabda:

“Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum’at.” (HR. Al-Hakim: 2/368 dan Al-Baihaqi: 3/249).

Kapan Waktu Terbaik Untuk Membacanya?

Sunnah dalam membaca surat Al Kahfi adalah saat malam Jum’at ataupun di hari Jum’atnya. Waktu terbaik membaca surat ini diawali sejak terbenamnya matahari di hari Kamis sampai terbenamnya matahari di hari Jum’at.

Surat Al Kahfi & Fitnah Dajjal

Rasulullah SAW menjelaskan manfaat lain dari surat Al Kahfi ialah untuk menangkal fitnah dajjal, dengan membaca & menghafal sepuluh ayat pertama atupun sepuluh ayat terakhir. Imam Nawawi berkata, “Sebabnya, karena pada awal-awal surat Al Kahfi itu terdapat keajaiban-keajaiban dan tanda-tanda kebesaran Allah SWT. Maka orang yang merenungkan tidak akan tertipu dengan fitnah Dajjal.”

Imam Muslim meriwayatkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,  “Maka barangsiapa di antara kamu yang mendapatinya (mendapati zaman Dajjal) hendaknya ia membacakan atasnya ayat-ayat permulaan surat al-Kahfi.”

Dalam riwayat Muslim yang lain, dari Abu Darda’ Radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi Wasallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari permulaan surat al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.” Yakni dari huru-haranya.

Jadi, sudahkah Sobat DuHa membaca surat Al Kahfi di hari Jumat ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *