adab makan islam

Adab Sederhana Makan & Minum Dalam Islam

Bicara tentang adab, tuntutan serta teladan/contoh dari Nabi Muhammad SAW mencangkup berbagai aspek kehidupan tidak terkecuali saat makan & minum. Tentang hal ini, kita sebagai seorang muslim harus mengikuti apa yang Beliau lakukan.

Sesuai dengan perintah Allah SWT, ”Dan apa saja yang diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu, maka tinggalkanlah. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah amat keras hukumannya.”

Adapun adab makan & minum dalam islam adalah sebagai berikut;

  1. Mulai Dengan Berdoa

Minimal diawali dengan membaca Basmalah. Adapun doa yang masyhur ialah; “Allahumma baariklanaa fi maa rozaqtana wa qinaa adzaban-naar”. 

Jika terlupa di awal, maka ucapkan segera saat teringat, “Bila salah seorang di antara kamu hendak makan, maka ucapkanlah ‘Bismillah’. Namun bila ia lupa di awalnya, maka ucapkanlah: ‘Bismillahi awwalahu wa akhirohu’ (Dengan menyebut Nama Allah dari mula hingga akhir).” (H.R. Abu Dawud dan Turmudzi).

  1. Gunakan Tangan Kanan

“Apabila seseorang dari kamu makan, maka hendaklah (haruslah) ia makan dengan (tangan) kanannya. Dan apabila ia minum, maka minumlah dengan kanannya. Karena sesungguhnya setan itu makan dengan kirinya, dan (juga) minum dengan kirinya.” (H.R. Imam Muslim).

  1. Makan Dalam Keadaan Duduk

“Janganlah salah seorang di antara kamu minum sambil berdiri; dan barangsiapa yang lupa, maka hendaklah ia memuntahkannya.”(H.R. Imam Muslim). “Anas berkata: Nabi saw telah melarang orang minum sambil berdiri.” Lalu Qatadah bertanya kepada Anas: “Kalau makan bagaimana?” Ia pun menjawab: “Hal itu (makan dengan cara berdiri itu) lebih busuk dan jahat.” (H.R. Imam Muslim).

  1. Ambil Makanan & Minuman Secukupnya

Ambil makanan & minuman secukupnya dan jangan sisakan makanan & minuman tersebut. Perbuatan yang berlebih-lebihan dalam mengambil makanan & minuman dianggap sebagai mubadzir dan berdosa.

“Dari Jabir, katanya, Rasulullah saw menyuruh membersihkan sisa makanan yang di piring maupun yang di jari, seaya bersabda: “Sesungguhnya kalian tiada mengetahui di bagian manakah makananmu yang mengandung berkah.” (H.R. Imam Muslim). Bahkan Allah menyatakan dengan tegas dalam ayat Al-Quran yang maknanya: “Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros, mubadzir. (Karena) Sesungguhnya orang yang berbuat mubadzir itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.” (Q.S. Al-Isra’ 17:26-27).

Demikianlah adab sederhana makan & minum dalam islam. Semoga kita semua bisa memahami, menghayati serta mengamalkannya sepenuh hati, dan semoga Allah SWT pun meridhoi segala hal yang kita lakukan. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *