WhatsApp Image 2018-06-11 at 09.51.54

Ini Dia Manfaat Silaturahmi Saat Lebaran

Lebaran akan datang sebentar lagi. Sebuah hari kemenangan setelah sebulan penuh melakukan ibadah puasa menahan diri dari segala godaan baik itu secara lahiriah maupun bathin. Umat Muslim biasanya pada lebaran akan saling bersilaturahmi kepada keluarga, orang tua maupun sahabat.

Sobat DuHa, tahukah kalian ada manfaat dan hikmah yang besar di balik silaturahmi? Silaturahmi termasuk akhlak yang mulia. Dianjurkan dan diseru oleh agama kita Islam yang tercinta ini. Dan juga kita diingatkan untuk tidak memutus tali silaturahmi tersebut.

Dalil Al-Qur’an mengenai pentingnya dan manfaat menyambung tali silaturahmi itu adalah sebagai berikut:

“Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (QS An Nisaa 4:1).

Sedangkan dalil hadist berkenaan dengan keutamaan silaturahmi adalah Sabda Rasulullah SAW yang artinya:

“Barangsiapa yang senang untuk dilapangkan rizkinya dan diakhirkan ajalnya (dipanjangkan umurnya), maka hendaklah ia menyambung (tali) silaturahim.” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Daud).

Adapun beberapa manfaat silaturahmi, di antaranya adalah;

 

Memperpanjang Usia

Dari Anas bin Malik RA, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia memuliakan tamunya, dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maha hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi” (H.R. Bukhari dan Muslim).

 

Masuk Surga

Dari Abu Ayyub, ada seseorang bertanya kepada Rasulullah SAW, “Wahai Rasulullah, beritahukanlah kepadaku amal apa yang dapat memasukkanku kedalam surga.” Nabi SAW menjawab : “Sembahlah Allah SWT dan jangan mempersekutukan-Nya, dirikanlah shalat, bayarlah zakat, dan sambunglah tali kekerabatan” (HR. Bukhari dan Muslim).

 

Menjalankan Perintah Allah

Allah SWT berfirman, “Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan istrinya; dan daripada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahmi. Sesungguhnya Allah SWT selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (QS. An-Nissa :1).

 

Membahagiakan Orang Yang Dikunjungi

Ini sangat sesuai dengan sabda Rasulullah, bahwa amal yang paling utama adalah membahagiakan orang lain. Inilah yang akan menginspirasi umat muslim agar saling menguatkan tali silaturahmi bukan hanya ketika Idul Fitri saja. Tentunya untuk membahagiakan saudara maupun teman yang dikunjungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *