WhatsApp Image 2018-06-04 at 09.50.14

Tips Keselamatan Rumah Saat Ditinggal Mudik

Puncak arus mudik diprediksi dua sampai tiga hari sebelum lebaran. Saat itu sebagian besar orang akan melakukan perjalanan menuju kampung halamannya. Apakah sobat DuHa termasuk orang yang akan mudik? Jika kalian termasuk, pastikan agar rumah kalian aman dari pencuri ya. Ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan dan lakukan sebelum meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, apa saja? Berikut ulasannya.

 

Pastikan Semua Pintu Terkunci Dan Tertutup Rapat

Hampir 50 persen kasus pencurian rumah terjadi karena keteledoran pemilik rumah itu sendiri, yang biasanya lupa mengunci rumah atau menyimpan kunci di tempat yang mudah ditebak oleh si pencuri. Oleh karena itu, kewajiban utama sebelum meninggalkan rumah adalah memeriksa seluruh pintu dan jendela apakah sudah terkunci dan tertutup rapat. Dan lebih baik titipkan kunci pada tetangga yang tidak mudik, atau keamanan setempat.

 

Lepaskan Semua Aliran Listrik Alat-Alat Elektronik

Untuk yang satu ini juga merupakan bagian yang sangat penting ya. Kalian harus melepaskan aliran listrik barang-barang elektronik seperti TV, AC, pompa air, dan lain-lain. Bila kalian akan pergi dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya keluarkan isi kulkas dan melepas aliran listriknya juga. Terakhir jangan lupa periksa kompor dan mencopot selang gasnya. Dengan begitu kalian akan meninggalkan rumah dengan perasaan tenang.

 

Memadamkan Dan Menyalakan Lampu

Lampu adalah indikator penting untuk menentukan apakah pemilik rumah ada di rumah atau tidak. Jadi sebaiknya kalian meminta tolong kepada tetangga atau orang yang dapat kalian percaya untuk menyalakan lampu di malam hari, dan mematikan lampu di pagi harinya. Dan rumah kalian pun akan terlihat seperti ada penghuninya sehingga meminimalisir niat pencuri untuk melancarkan aksinya.

 

Beritahu Tetangga Dan Keamanan Setempat

Tetangga yang paling wajib diberitahu adalah tetangga depan dan samping rumah kalian. Dengan begitu secara tak kasat mata rumah kalian akan terjaga dari berbagai sisi. Dan tentunya kalian harus memberi tahu keamanan di tempat tinggal kalian ya, agar rumah kalian akan mendapatkan pengawasan yang ekstra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *