shutterstock_640244452

Tips Mudik Aman Dari Dunia Halal

Sobat DuHa, tak terasa sebentar lagi kita akan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Kalian mungkin termasuk orang yang biasa mudik ke rumah orang tua atau kerabat untuk merayakan lebaran. Tapi jangan lupa untuk tetap waspada ya, karena momen seperti ini biasanya juga merupakan momen bagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk melancarkan aksi jahatnya. Kali ini admin DuHa akan memberikan tips agar kegiatan mudik kita inshaa Allah lancar, baik bagi yang membawa kendaraan pribadi maupun umum.

 

Cek Kondisi Mobil

Kapan terakhir kali kalian service mobil kalian? Ini tentunya menjadi perhatian utama sebelum kita melakukan perjalanan jauh. Tentunya kita semua tak ingin ada kendala dalam perjalanan mudik kita bukan? Nah, apabila kalian tidak rajin service berkala, sangat dianjurkan untuk melakukan service terlebih dahulu. Dan bila kalian telah melakukan service berkala sebelumya, kalian tetap harus mengecek beberapa bagian yang vital pada mobil kalian loh. Seperti oli mesin, kampas rem, angin ban, dan tentunya perlengkapan darurat seperti, dongkrak, kunci pas, pompa, dan lain-lain. Intinya pastikan bahwa mobil kalian dalam kondisi fit sebelum memulai perjalanan jauh agar kalian tidak mengalami mobil mogok di jalan.

Jangan letakkan smartphone, uang atau barang berharga apapun di dasbor mobil karena itu juga bisa memancing penjahat. Jangan memaksakan diri mengemudi jika Anda mengantuk.

 

Jangan Gunakan Perhiasan Berlebihan

Seperti yang admin DuHa sebutkan di atas, kalau momen mudik kita juga merupakan momen bagi orang-orang yang berniat jahat. Sebaiknya apabila kalian mudik menggunakan angkutan umum, jangan memakai perhiasan seperti anting-anting maupun kalung emas. Simpan perhiasan kalian dengan baik.

 

Jangan Menerima Makanan / Minuman Apapun Dari Orang Lain

Modus Perampokan dengan cara membius korban masih sering terjadi di beberapa daerah. Biasanya mereka melancarkan aksinya dengan cara mencampur makanan ataupun minuman dengan obat bius. Korban pun akan tertidur lelap tanpa menyadari bahwa barang-barangnya telah dikuras habis oleh sang perampok. Oleh karena itu, kalian jangan mau menerima tawaran makanan ataupun minuman dari orang yang tidak kalian kenal selama perjalanan mudik.

 

Bawa Uang Tunai Yang Cukup

Cukup di sini berarti secukupnya, bukan berlebihan. Seringkali selama perjalanan mudik kita sering dihadapi dengan pengeluaran tak terduga, terutama bagi kalian yang membawa mobil pribadi. Nah, berhubung lokasi ATM selama perjalanan tak semudah seperti di kota, sebaiknya kalian membawa uang tunai yang cukup sebelum memulai perjalanan. Tapi ingat, jangan berlebihan ya.

 

Jaga Kondisi Tubuh

Tidur minimal bagi setiap orang adalah 6 jam. Namun, apabila kalian akan melakukan perjalan jauh sebaiknya tidurlah selama 7-8 jam sebelumnya. Hal ini perlu kalian lakukan karena kegiatan mudik cukup menguras tenaga kalian. Dan jangan memaksakan diri untuk berpuasa saat kalian mudik ya, karena mudik dalam keadaan perut kosong dapat membuat kalian mual dan muntah.

Bagi yang mudik menggunakan pesawat, berjalan-jalan di selasar pesawat setiap satu jam sekali sebaiknya kalian lakukan jika kalian menempuh penerbangan berdurasi 3-5 jam. Ini perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya pembekuan darah.

 

Periksa Rumah Secara Menyeluruh

Sebelum berangkat, periksa kondisi rumah terlebih dulu apabila kalian akan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Mengecek kompor dan gas diutamakan. Matikan listrik-listrik yang tak perlu seperti TV, AC, dan lain-lain. Kemudian periksa pintu-pintu rumah apakah sudah terkunci atau belum. Dan yang terakhir pastinya lapor keamanan setempat bahwa kita akan mudik agar rumah kita mendapatkan pengawasan ekstra.

 

Selamat bermudik Sobat DuHa! Jangan lupa mengucapkan basmalah ketika melangkahkan kaki keluar rumah..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *