WhatsApp Image 2018-05-24 at 09.03.42

Tips Cermat Mengatur THR

Memasuki bulan Ramadhan, pastinya kalian tak luput memikirkan tentang THR (Tunjangan Hari Raya) bukan? Tentunya THR adalah hal yang paling dinanti. Biasanya THR diberikan dua minggu sebelum lebaran. Meskipun itu adalah bonus cuma-cuma dari perusahaan tempat kita bekerja, namun kita harus bisa memanfaatkan dan mengaturnya dengan baik. Jangan sampai kebobolan, lebaran belum tiba, jatah THR kalian sudah habis duluan. Nah, buat kalian yang selama ini ngga bisa menyiasati pengeluaran setelah menerima THR, simak aja tips-tips berikut ini

 

Gunakan Untuk Membayar Zakat Terlebih Dahulu

Kalian semua tentunya tahu bukan bahwa harta yang kita miliki adalah titipan Allah? Sebagian dari harta kita adalah hak bagi orang-orang yang membutuhkan. Oleh karena itu, begitu uang THR kalian cair, sisihkan terlebih dahulu untuk persiapan membayar zakat. Dengan begitu inshaa Allah akan menjadi berkah bagi kita.

 

Buat Rencana Pengeluaran Lebaran

Setelah kalian menyisihkan uang untuk membayar zakat, kemudian rencanakan anggaran secara cermat. Prioritaskan penggunaannya untuk keperluan lebaran seperti, membeli tiket mudik, belanja, dan mempersiapkan THR untuk saudara-saudara kalian di kampung nanti. Meski diprioritaskan untuk lebaran, tapi bukan berarti kalian harus menghabiskan semua uang THR. Kendalikan pengeluaran kalian dengan bijak. Dan satu lagi, usahakan jangan sampai kita menggunakan uang gaji untuk keperluan lebaran.

 

Pakai Untuk Bayar Hutang

Ngga ada salahnya loh, kalau kalian yang memiliki hutang memanfaatkan momen THR ini untuk melunasi hutang tersebut. Justru momen ini sangat tepat, karena THR merupakan dana yang terpisah dari anggaran kalian selama ini. Meskipun ada konsekuensinya, seperti kalian ngga bisa belanja lebih untuk keperluan lebaran, namun tentunya akan meringankan kondisi keuangan kalian kedepannya. Ingat ya, yang namanya hutang semakin cepat lunas semakin baik.

 

Pisahkan Untuk Ditabung

Permasalahan orang-orang yang tidak bisa menabung adalah karena mereka tidak mempunyai uang untuk ditabung. Nah, dengan adanya uang THR ini tentunya adalah kesempatan kalian untuk menambah jumlah saldo tabungan kalian. Pisahkan sejumlah uang THR kalian untuk ditabung, kurang lebih 10-15%. Pikirkan masa depan kalian juga ya, jangan hanya mengikuti kesenangan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *