shutterstock_47773984

Tips Hemat Belanja Kebutuhan Pokok Jelang Bulan Puasa

Bulan Ramadhan sudah di depan mata dan selama satu bulan ke depan kita akan berpuasa. Logikanya, selama puasa pengeluaran kita apalagi untuk makanan akan berkurang, padahal kenyataannya pengeluaran kita malah semakin boros. Kenapa? Karena ada banyak hal yang berubah selama bulan Ramadhan, seperti harga bahan-bahan makanan di pasar yang semakin mahal, lapar mata beli banyak makanan untuk buka puasa, jenis makanan yang kita konsumsi juga semakin beragam seperti kurma, kolak, kue kering, dan lain sebagainya. Nah supaya kita bisa tetap khusyuk puasa tanpa bingung memikirkan masalah keuangan. Berikut tips yang bisa kamu terapkan;

Buat Daftar Menu Selama Satu Bulan

Kalau kamu tipe orang yang suka masak sendiri untuk hidangan buka puasa atau sahur, kamu bisa membuat daftar menu selama bulan Ramadhan. Dari daftar menu tersebut, kamu bisa mencatat kira-kira bahan makanan apa yang haru dibeli beserta jumlahnya. Dari situ kamu bisa atur sendiri budget yang harus dikeluarkan.

Belanja Jauh Hari Sebelum Puasa Dan Lebaran

Sudah menjadi rahasia umum selama bulan Ramadhan harga bahan pokok akan cenderung lebih mahal bila dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Apalagi menjelang lebaran tiba, harga kebutuhan pokok bisa semakin tinggi lagi. Dengan belanja jauh-jauh hari sebelum harga mulai naik, pastinya kita akan bisa lebih menghemat pengeluaran.

Manfaatkan Momen Diskon

Biasanya menjelang Ramadhan maupun Lebaran, akan banyak bermunculan diskon kebutuhan pokok. Kita tentunya harus pintar memanfaatkan momentum ini. Seperti promo sembako yang ada di Dunia Halal ini. Kamu bisa dapatkan sembako dengan diskon hingga 50% lho!

Belanja Besar

Yang maksud di sini adalah belanja dalam jumlah cukup besar sehingga mencukupi kebutuhan selama sebulan kedepan. Pastinya jenis bahan pokok yang kamu beli tidak gampang basi seperti frozen food, minuman kemasan, tepung, gula, garam, minyak, dan banyak lagi. Hal ini untuk menyiasati momentum harga murah di awal bulan.

Menyiapkan Dana Zakat & Sedekah Sebelum Ramadhan

Nah, tips terakhir ini merupakan esensi dari Ramadhan. Ramadhan adalah bulan yang penuh kebaikan. Segala amalan baik yang kita lakukan akan berlipat-lipat pahalanya selama bulan suci ini. Di bulan ini biasanya umat muslim berlomba-lomba dalam berbagi kebaikan kepada yang membutuhkan. Jadi jangan sampai niat baik kita untuk berbagi berbuah beban karena kita tak punya anggaran khusus untuk mereka. Dengan menyiapkan dana zakat dan sedekah sebelum Ramadhan tiba, tentunya puasa kita akan lebih nyaman dan ibadahpun semakin tenang.

Itulah beberapa tips hemat belanja kebutuhan pokok jelang puasa yang dapat admin DuHa berikan. Selamat mencoba yah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *