Ramadhan

Tips Menyiapkan Makanan Saat Bulan Puasa

Tidak lama lagi kita sebagai umat muslim akan menyambut bulan suci Ramadhan. Berbagai persiapan harus dilakukan. Selain soal ibadah, tentunya persiapan fisik serta persiapan menghadapi rutinitas yang berbeda dibandingkan bulan-bulan lain. Misalnya, selektif menentukan menu makanan yang akan disantap baik saat sahur maupun berbuka. Berikut Admin DuHa berikan tipsnya;

 

Tetapkan Jadwal Waktu Belanja

Seperti yang sudah dikatakan tadi, selama bulan Ramadhan rutinitas kita sedikit banyak akan berbeda dibandingkan bulan lain. Mulai dari waktu makan, waktu bekerja, waktu istirahat, waktu tidur, hingga waktu untuk berbelanja!

Supaya belanja lebih efektif dan efisien, pengeluaran kita pun tetap terkontrol, tetapkan dari awal kapan waktunya kita pergi ke pasar atau belanja online. Perhitungkan jumlah makanan/bahan makanan yang kita beli apakah cukup untuk satu-dua hari, seminggu, atau sebulan. Tidak masalah kalau kamu harus menyetok makanan/bahan makanan di rumah supaya menghindari kenaikan harga jelang lebaran, asalkan tidak terlalu berlebihan dan yakin akan habis.

 

Pantau Harga Makanan/Bahan Makanan

Sudah rahasia umum, jelang Ramadhan hingga lebaran, harga makanan/bahan makanan cenderung naik setiap harinya karena permintaan yang meningkat. Kamu bisa cek terus harga kebutuhan pokok di pasaran, manfaatkan momen-momen tertentu dimana harga bahan makanan cenderung lebih murah. Kalau kamu pecinta belanja online, manfaatkan promo-promo sebaik mungkin.

 

Makanan Cepat Saji

Bagi sebagian orang, memasak untuk berbuka atau sahur setiap hari sangat menyita waktu, apalagi kalau sambil sibuk bekerja. Solusinya, kamu bisa menyiapkan makanan cepat saji di rumah. Maksud makanan cepat saji di sini bukanlah junkfood, melainkan frozen food (makanan beku) yang hanya perlu di hangatkan atau digoreng sebentar saja. Selain praktis, makanan ini juga tahan lama jika kita simpan di freezer (kulkas).

 

Selalu Siap Sedia Kurma

Bingung mau buka puasa pakai apa? Selalu siap sedia kurma dimana  pun kamu berbuka puasa. Selain awet disimpan, kurma juga santapan praktis yang mampu memulihkan energi kita setelah seharian berpuasa. Tidak heran memakan buah ini merupakan sunnah Rasulullah SAW.

 

Makanan Berbahan Dasar Telur

Salah satu bahan makanan yang harus ada di kulkas kamu saat bulan puasa adalah telur, karena telur dapat diolah menjadi berbagai macam masakan. Bisa dibuat menjadi orak-arik, fuyunghai, telur bumbu balado, dan lain-lain. Hanya dijadikan telur mata sapi atau omelet pun sangat enak. Pokoknya, kamu gak akan kehabisan ide untuk meracik makanan berbahan dasar telur!

 

Makanan Kering

Makanan kering biasanya menjadi makanan yang populer di bulan Ramadhan. Ada banyak jenis dari makanan kering seperti, kering tempe, abon, kacang teri, dan masih banyak lagi. Jenis makanan ini cukup tahan lama. Makanan kering dapat dengan mudah disimpan di dalam toples yang kedap udara, agar tetap nikmat dan terjaga kekeringannya ketika akan dikonsumsi kembali.

Demikian tips menyiapkan makanan saat Ramadhan dari admin DuHa. Kamu bisa membeli berbagai macam makanan/bahan makanan dengan harga spesial Ramadhan di Duniahalal.com. Selamat menyambut Ramadhan tahun ini dengan bahagia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *