7 dates

Manfaat Ini Bikin Kamu Gak Bosen Makan Buah Kurma

Kamu pasti pernah dong nyobain buah kurma? Apalagi saat bulan Ramadhan buah kurma melimpah dimana-mana. Dari bentuknya, rasanya, harganya hingga asal muasal tanamannya, jenis buah kurma sangat beragam. Buah yang satu ini menjadi buah kesukaan Rasulullah SAW, bahkan beberapa hadist menyebutkan buah kurma memiliki banyak manfaat bagi umat manusia, diantaranya;

1. Menurunkan rasa lapar

Ini mengapa buah kurma sangat populer saat bulan puasa. Kurma merupakan jenis makanan yang kaya akan glukosa, sehingga mampu menggantikan zat-zat gula kering setelah seharian berpuasa. Kurma bahkan menjadi satu-satunya makanan yang direkomendasikan langsung oleh Rasulullah SAW saat berpuasa:

إِذَا أَفْطَرَ أَحَدُكُمْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى تَمْرٍ فَإِنَّهُ بَرَكَةٌ

“Jika salah seorang diantara kalian berbuka puasa maka makanlah buah kurma karena ia mengandung keberkahan.” (HR Abu Daud).
Gimana? Pasti yakin dong kalau direkomendasikan langsung oleh Rasulullah SAW? Bahkan dalam hadist diriwayatkan Abu Daud dan Tirmidzi, dikatakan dari Anas r.a, beliau berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassallam, berbuka puasa sebelum shalat dengan memakan kurma segar, kalau tidak ada maka dengan kurma kering, dan kalau tidak ada beliau meminum beberapa teguk air.”
2. Penangkal racun
Kurma, terutama kurma Ajwa dikenal sebagai kurma Hijaz terbaik dari seluruh jenisnya. Dalam Shahih Buhari dan Muslim, diriwayatkan oleh Saad bin Abi Waqash, Rasulullah SAW bersabda
“Barangsiapa mengkonsumsi kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun atau sihir.”
Sabda Rasulullah SAW lainnya;
“Kurma ‘Ajwah itu berasal dari Surga, ia adalah obat dari racun.” HR. Ibnu Majah dengan sanad yang shahih.
Jenis kurma Ajwah berasal dari Madinah. Rasanya lezat, aromanya harum dan bentuknya bagus & padat. Harganya pun cukup tinggi dibanding jenis kurma lainnya di pasaran. Memakan 7 buah kurma ini dipercaya dapat menangkal racun & sihir.
3. Sumber protein
Kandungan protein dalam kurma basah hampir sama dengan jumlah protein yang terdapat pada daging, sekitar 1,4 – 1,7 gram/100 gram. Kandungan lainnya dalam kurma seperti vitamin, mineral, lemak, natrium, kalium, magnesium, fosfor, dan treonin, lisin & isoleusin sebagai asam amino esensial, jumlahnya jauh lebih banyak daripada yang terkandung dalam apel.
Minuman Kurma Berkhasiat
Untuk kamu yang memang suka dengan buah kurma, kini hadir minuman buah kurma berkhasiat 7 Dates. Minuman ini berasal dari buah kurma alami tanpa pengawet & pemanis buatan. Bisa dijadikan sebagai suplemen bagi yang membutuhkan asupan energi dan meningkatkan imunitas tubuh.
Minuman ini juga berfungsi sebagai anti oksidan yang bermanfaat untuk asupan nutrisi dan gizi tubuh. Salah satu khasiat 7 Dates cocok untuk jantung, ibu hamil, dan mencegah stroke. Minuman ini bisa kamu dapatkan di Duniahalal.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *