Rum Cake

Rum Sintetis, Halalkah?

Sobat DuHa pasti sudah tahu kue-kue populer yang mengandung rum, seperti kue tart, red velvet atau cheese cake. Kandungan rum di dalam kue sendiri menjadi polemik diantara konsumen muslim. Apakah kue dengan kandungan rum halal atau haram dikonsumsi?

Di dalam masakan atau adonan kue, rum seringkali digunakan sebagai bahan penambah rasa dan aroma. Biasanya kue atau makanan yang mengandung rum memiliki harum yang lebih tajam dan rasa yang khas.

Rum sebagai bahan masakan juga minuman merupakan hasil fermentasi produk sampingan dari tebu. Dalam proses nya menghasilkan persentase alkohol yang cukup tinggi sekitar 30%. Rum sebagai minuman tergolong minuman keras golongan C karena kandungan alkoholnya lebih dari 20%.

Lalu bagaimana rum yang terkandungan dalam kue? Apakah halal dikonsumsi? Ada hadist yang mengatakan:

“Setiap yang memabukkan adalah khamr dan setiap khamr adalah haram.” (HR. Muslim).

Dari hadist di atas sudah diberi kejelasan status kehalalan rum, yakni haram. Walaupun air tebu itu halal, namun saat sudah difermentasikan sehingga memproduksi alkohol maka jadi haram. Maka dari itu kue apapun yang mengandung rum dinyatakan haram. Tapi kini hadir rum sintetis, apakah itu halal? Rum sintetis tidak mengandung alkohol, walaupun menyerupai rasa dan aroma rum asli, maka itu dinyatakan halal. Tapi banyak juga yang beranggapan bahwa rum sintetis masih haram karena sulitnya membedakan rum asli dan sum sintetis, maka itu membahayakan.

Nah, sekarang Sobat DuHa sudah tau kan, rum yang dikategorikan sebagai khmar itu aturannya haram. Dan karena kemiripannya dengan rum asli, rum sintetis secara teori tidak haram, namun masih haram menurut ajaran. Jika ingin aman, Sobat DuHa bisa ke DuniaHalal.com untuk mencari bahan makanan dan minuman yang aman dan dijamin Halal. Dari pada ragu beli kue di luaran, lebih baik Sobat DuHa berkreasi dengan membuat kue sendiri pakai bahan-bahan adonan kue halal belinya di Dunia Halal. Selamat mencoba yah Sobat DuHa & jangan lupa selalu berhati-hati 🙂

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *