maulid nabi muhammad

Memperingati Maulid Nabi Bersama Dunia Halal

Sebentar lagi umat muslim memperingati hari Maulid Nabi Muhammad SAW. Banyak diantara kita merayakannya setiap tahun tanpa memahami betul makna dibalik perayaan ini. Karena itu Admin DuHa kali ini akan menjelaskan mengapa hari Maulid Nabi merupakan hari yang dihormati dan patut dirayakan umat muslim.

Sejarah Singkat Maulid Nabi

Secara singkat, Maulid Nabi merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW pada tanggal 12 Rabiul Awal. Kata “Maulid” saja memiliki arti yang sama dengan kata “milad” yang diambil dari bahasa Arab yang berarti “hari lahir”. Perayaan ini berkembang sebagai tradisi dalam masyarakat umat Islam di seluruh dunia setelah wafatnya Rasulullah SAW.

Peringatan Maulid pertama kali dilakukan oleh Raja Irbil (Irbil merupakan sebuah wilayah di Irak), pada abad ke-7 Hijriah. Raja melaksanakan perayaan tersebut agar dapat memperkuat perikatan umat Islam pada masa itu. Seperti yang telah disebut, maulid berarti hari kelahiran. Seperti hari kelahiran yang pada umumnya dirayakan sebagai ulang tahun, kurang lebih Maulid merayakan ulang tahun Nabi Muhammad SAW.

Dengan adanya pengingatan kelahiran Rasulullah SAW, diharapkan umat Islam dapat mengingat kembali betapa gigih perjuangan Rasulullah SAW menyebarkan ajaran agama Islam pada zaman Jahiliyah, di mana segala tradisi dan budaya orang-orang pada waktu itu belum berakhlak baik.

Satu hal mengenai perayaan Maulid Nabi adalah untuk umat Islam meneladani sikap dan perbuatan, terutama akhlak mulia yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dengan adanya perayaan ini diharapkan ummat islam untuk lebih mencintai nabi Muhammad SAW.

Meski masih banyak pro dan kotra mengenai perayaan ini namun sebagai muslim tentunya kita harus saling menghormati dan menghargai.

Sobat DuHa sebaiknya tidak menanggapi hari kelahiran Nabi Muhammad SAW ini sekedar seremoni biasa. Justru, perayaan Maulid Nabi lebih baik dihayati sedalam-dalamnya untuk meneladani dan mempraktekan akhlak-akhlak Rasulullah SAW.

Nah, untuk mendatangi acara-acara perayaan Maulid Nabi tentunya Sobat DuHa harus tampil rapih & keren. Karena itu, Sobat DuHa dapat melihat dari koleksi fashion Dunia Halal khusus Maulid Nabi hanya di DuniaHalal.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *