masakan halal pengganti alkohol
maxpixel.freegreatpicture.com

Pengganti Alkohol Di Dalam Menu Masakan

Pernah gak sih Sobat DuHa masuk ke satu restoran yang katanya enak banget, tempatnya penuh pengunjung tapi gak jadi makan gara-gara menu makanannya ada kandungan bahan gak halal? Kebetulan Admin Duha sering banget nih mengalami hal ini. Apalagi kalau jalan-jalan di mall, biasanya pengen banget nyobain masakan ala-ala negara lain kaya Chinese food, Thailand food, Vietnam food, kebetulan Admin DuHa pakai hijab sang waitress langsung ngasih tahu deh kalau menu ini-itu gak halal. Langung hilang nafsu makan seketika…

Sebagai orang awam, termasuk Admin DuHa, kita cuma tahu bahwa makanan haram adalah yang pakai daging babi. Padahal ada banyak bumbu, minyak atau bahan-bahan makanan yang asing terdengar mengandungan kandungan alkohol di dalamnya.

Tapi jangan langsung sedih, Sobat DuHa masih bisa kok merasakan masakan-masakan itu tanpa harus pakai bahan alkohol.

Berikut bahan-bahan pengganti alkohol untuk masakan yang bisa dicoba sendiri di rumah:

Anggur Merah (Red Wine)

Merupakan kandungan fermentasi dari anggur bewarna merah keunguan dengan kandungan alkohol yang tinggi. Anggur merah biasanya langsung diminum di gelas ataupun dicampurkan ke dalam masakan. Sobat DuHa bisa menggunakan jus anggur merah biasa atau jus buah cranberry sebagai pengganti alkohol yang terkandung pada Red Wine.

masakan halal

Anggur Putih (White Wine)

Sama seperti anggur merah, hanya saja anggur putih (white wine) merupakan fermentasi dari anggur bewarna hijau dengan hasilnya bewarna putih kekuning-kuningan, kandungan alkoholnya cukup tinggi dengan rasa yang manis. Sebagai pengganti alkohol di dalam bahan makanan, Sobat DuHa bisa menggunakan jus buah apel segar.

masakan halal

Vodka

Salah satu minimal alkohol yang cukup popular, terutama dalam masakan-masakan eropa. Sebagai pengganti Sobat DuHa bisa menggunakan jus buah anggur segar dicampur dengan jus jeruk nipis. Rasanya mungkin tidak sama percis tapi bisa menggantikan rasa manis dan asam yang segar di lidah. Cukup untuk penganti vodka jika anda ingin merasakan sensasinya.

Sake

Kandungan ini sering dipakai sebagai penyedap dalam masakan-masakan Jepang maupun Chinese. Ciri khasnya adalah minuman ini berwarna putih bening ini, jelas diharamkan karena mengandung alkohol dari hasil fermentasi beras. Sebagai penggantinya, Sobar DuHa bisa mencampurkan jus anggur dengan perasan lemon.

Gimana Sobat DuHa? Gampang kan bikinnya? Nah dari pada ragu beli makanan-makanan yang belum pasti halalnya, mending masak sendiri dengan bahan-bahan yang sudah pasti halalnya di DuniaHalal.com. Selamat mencoba yah Sobat Duha…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *