Seni Kaligrasi Islam

Karya Seni Kaligrafi Islam dan Sejarahnya

Sobat DuHa pasti pernah mempelajari seni kaligrafi Islam. Kalau tidak, tentunya kaligrafi sendiri tidak asing di telinga kamu. Seni kaligrafi Arab yang biasanya diajarkan pada masa sekolah dasar, merupakan sebuah bentuk seni yang terkait dengan menulis. Unsur intrinsik kaligrafi adalah sebuah tulisan yang dibuat dengan alat menggambar atau melukis yang mempunyai ujung lebar. Contoh penggunaan kaligrafi di dalam undangan pernikahan atau sebuah acara. Selain itu kaligrafi seringkali digunakan sebagai logo, seni keagamaan, sertifikat kelahiran, dan lainnya.

Kaligrafi memiliki peran yang penting di dalam agama Islam. Kaligrafi berkembang bersamaan dengan perkembangan bahasa Arab dan penyebaran agama islam. Pada awalnya kaligrafi sering dibuat oleh seniman muslim pada Zaman Emas Islam.

Tidak hanya sebagai karya seni rupa, kaligrafi dalam Islam sangat dihormati karena menyatukan bahasa dengan kepercayaan. Karena itu lah, Sobat DuHa pasti sering melihat kaligrafi Islam terpampang di dinding-dinding masjid, tidak hanya di Indonesia tapi juga hampir di seluruh dunia.

Jenis Seni Kaligrafi Islam

Image result for qalam pen

Secara tradisional, kaligrafi Islam dilukis dengan qalam menggunakan tinta berwarna. Qalam merupakan sebuah pena yang terbuat dari batang bambu yang dikeringkan. Kaligrafi Islam tak hanya dicetak di kertas, tetapi juga dalam keramik, ubin, kapal, karpet, serta prasasti peninggalan. Walau terlihat sederhana, seni kaligrafi ini cukup sulit. Sobat DuHa harus tahu, keragamaan kaligrafi Islam itu cukup luas dan memiliki sejarah yang menarik. Berikut adalah beberapa jenis kaligrafi:

1. Kufi

Image result for kufi calligraphyKaligrafi Kufi mulai berkembang pada abad ke-7 dan merupakan jenis kaligrafi Islam tertua. Dapat dikatakan, inilah asal mula kaligrafi Islam. Nama Kufi diambil dari nama kota, Kuffah, yang terletak di Iraq. Penulisan huruf yang cenderung bersudut dan kaku adalah ciri khas kaligrafi kufi. Cara penulisannya membuat kufi sebagai kaligrafi yang mudah ditiru, apa lagi dengan perangkat pembantu seperti penggaris dan jangka.

2. Nashk

seni kaligrafi islamPenulisan kata sambung sudah ada sejak kaligrafi kufi berkembang. Namun, karena adanya kekurangan peraturan dalam cara menulis kufi yang paling benar, penulisan kata sambung digunakan sebagai format informal. Kaligrafi Nashk, yang pertama muncul pada abad ke-10. Dengan perkembangannya agama Islam, kaligrafi Nashk membantu penyebaran agama tersebut. Ini dikarenakan oleh kemudahaan kaligrafi tersebut untuk dibaca. Hingga sekarang, kaligrafi Nashk dapat ditemukan di mana-mana.

3. Thuluth

seni kaligrafi islamKaligrafi Thuluth berakar dari Nashk. Tidak seperti Nashk, kaligrafi thuluth seringkali digunakan sebagai tulisan hias seperti menulis judul atau untuk mendekorasi dinding. Oleh karena itu, kaligrafi thuluth adalah jenis kaligrafi Islam yang terpopuler. Huruf-huruf thuluth bergaris panjang dan jarak dari satu kalimat dengan yang berikutnya akan terlihat. Dengan penggunaan thuluth yang dekoratif, tentunya jenis kaligrafi ini sangat indah. Keindahaan tersebut dapat dilihat dari tingkat kesulitan penulisan kaligrafi thuluth.

4. Ruqah

seni kaligrafi islamPenulisan kaligrafi Ruqah memperoleh gaya menulis Thuluth dan Nashk. Perbedaanya adalah penulisan huruf-huruf yang lebih pendek dan sederhana. Karena kesederhanaanya, gaya ruqah ini seringkali digunakan untuk untuk mencatat. Selain itu, huruf-huruf yang pendek ini menjadikan ruqah seringkali dipilih oleh media dan periklanan yang membutuhkan penggunaan kalimat panjang dengan ruang yang sempit.

5. Diwani

seni kaligrafi islamKaligrafi Diwani berasal pada akhir abad ke-16 menuju awal abad ke-17. Karakter tulisan dengan goresan yang lembut dengan lengkungan di setiap huruf serta mudah beradaptasi dengan tulisan apapun menjadikan diwani dipilih untuk digunakan oleh kantor-kantor pemerintahan dan dewan dewan pemerintah pada jaman penaklukan Konstantinopel.

Sobat DuHa ingin mungkin sekarang ingin mempelejari seni kaligrafi islam? Atau mungkin ingin memajang tulisan kaligrafi di rumah? Tak usah khawatir, tersedia banyak pilihan kaligrafi cantik yang dapat Sobat DuHa pajang hanya di DuniaHalal.com 

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *