Alarm Bangun Tidur

Amalan Sunnah Saat Bangun Tidur

Sebagai umat Nabi Muhammad SAW, salah satu bentuk cinta kita kepada beliau adalah mengikuti sunnah – sunnah yang beliau ajarkan. Ada banyak sekali sunnah yang Nabi SAW ajarkan ke kita, bahkan sunnah – sunnah tersebut sangat mudah dikerjakan, dari mulai bangun tidur, beraktifitas, sampai tidur lagi.

Admin DuHa pada kesempatan kali ini ingin memotivasi kita sebagai umat Islam untuk tetap melestarikan ajaran – ajaran beliau. Karena semua yang Rasulullah SAW ajarkan pasti baik untuk umatnya. Dengan melakukan apa yang Rasulullah SAW ajarkan, Insyaallah hidup kita akan menjadi lebih berkah.

Yang akan dibahas pada kesempatan kali ini adalah tentang bangun tidur, berapa banyak dari kita yang selalu membaca doa bangun tidur? Apakah sudah hafal atau malah tidak tahu sama sekali? Padahal bisa bangun dari tidur adalah nikmat pertama yang Allah berikan pada kita pada hari itu. Ada beberapa langkah yang Rasulullah SAW anjurkan kita lakukan setelah bangun tidur, simak hadits berikut;

Apabila dia bangun lalu berdzikir kepada Allah, maka satu ikatan lepas. Apabila dia berwudhu, satu ikatan lagi akan lepas.  Dan apabila dia shalat, satu ikatan lepas lagi. Sehingga di pagi hari dia dalam keadaan semangat dengan jiwa yang lapang. Namun jika dia tidak melakukan hal itu, maka di pagi hari jiwanya kotor dan dia menjadi malas.” (HR. Bukhari 1142 & Muslim 1855).

Dari hadits tersebut, ternyata setan memiliki 3 ikatan yang membuat kita malas untuk bangun tidur, apalagi untuk sholat subuh, lebih lagi untuk sholat tahajud. Untuk melepaskan ikatan tersebut, ada 3 langkah yang bisa kita lakukan, ulama menjelaskan langkah – langkah yang lengkap adalah sebagai berikut;

  • Mengusap muka dan membaca doa bangun tidurاَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ“Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur” [artinya: Segala puji bagi Allah, yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan]. (HR. Bukhari no. 6325)
  • Berwudhu dengan melakukan Istinsyaaq, yaitu menghirup sedikit air ke dalam lubang hidung, dan mengeluarkannya. Ini dilakukan karena setan bermalam di lubang hidung kita, sesuai dengan hadits yang berbunyi; “Apabila kalian bangun tidur, hendaknya menghirup air ke dalam hidung lalu membuangnya sebanyak 3 kali. Karena setan bermalam di rongga hidungnya”. (HR. Bukhari 162 dan Muslim 238)
  • Lakukan sholat, jika Sobat DuHa terbangun sebelum subuh atau di tengah malam sebaiknya lakukan solat tahajud. Tentunya Sobat DuHa tahu keutamaan sholat tahajud. Ajak juga keluarga kita untuk sholat tahajud berjamaah.

Mungkin sobat DuHa yang selalu merasa kurang enak ataupun malas saat bangun pagi bisa mencoba langkah – langkah diatas, ini merupakan warisan Rasullullah SAW kepada umatnya. Ini hanyalah salah satu dari banyak sunnah beliau, untuk lebih lengkapnya Sobat DuHa bisa cek buku – buku sunnah dari Rasullullah SAW di duniahalal.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *