Gadget Halal

Tips Tetap Islami Dengan Gadget mu

Assalamualaikum Sobat DuHa! Di era teknologi digital saat ini, tentunya kita semua tidak bisa terlepas dari gadget dan internet. Kita menjadi sangat mudah untuk terhubung dan mencari informasi, terlebih dengan hadirnya media sosial yang membuat kita berlama-lama memandangi gadget. Hal ini tentunya membawa dampak baik dan buruk.

Pada kesempatan kali ini, admin DuHa akan membahas bagaimana sebaiknya menggunakan gadget dan internet sebagai seorang muslim. Tentunya sebagai seorang muslim ada batasan-batasan yang harus kita jaga, diantaranya;

  1. Menjaga Ucapan

Di media sosial khususnya, banyak sekali kita temukan berita-berita hoax alias berita bohong. Di dalam isi berita tersebut sering kali mengandung unsur provokasi, permusuhan, fitnah, kata-kata tidak layak, dan lain sebagainya. Sebagai seorang muslim, haruslah kita menjaga diri dari informasi-informasi menyesatkan tersebut.

Sebelum kita mempercayai suatu berita terlebih dahulu kita cari kebenarannya, dan tentunya jika kita ingin berkomentar atau membuat status haruslah menggunakan kata-kata yang baik, sopan dan tidak memprovokasi. Seperti halnya hadits Rasulullah SAW yang berbunyi, “Jika kamu tidak bisa berkata yang baik, maka diamlah.”

  1. Menjaga Aurat

Tentunya kita sudah tahu apa itu aurat, dan bagaimana batasan-batasannya. Sebagai seorang muslim tidak sepantasnya kita memposting foto-foto yang menampilkan aurat, baik wanita maupun pria. Menunjukan aurat kepada yang bukan muhrimnya di dunia maya sama saja seperti menunjukan aurat di dunia nyata.

  1. Menjaga Syahwat

Informasi apapun bisa dicari di internet, termasuk informasi haram seperti gambar & video tidak senonoh, situs-situs yang menimbulkan syahwat, dan lain sebagainya. Agar pandangan kita senantiasa suci, maka hindarilah pencarian dengan keyword yang menyinggung tentang syahwat.

Nah, setelah membaca sedikit penjelasan diatas, kita jadi tahu sisi buruk dari gadget dan internet di zaman sekarang. Tapi jangan khawatir dulu, tidak semua yang datang dari gadget & internet itu buruk kok. Ada juga hal-hal baik yang bisa kita lakukan, diantaranya;

  1. Menyebarkan kata-kata perdamaian & kata-kata yang baik. Sesekali sampaikan hadist maupun ayat Al Quran, seperti tertulis dalam hadist HR. Bukhari berbunyi, “Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat.”
  2. Ajak teman, kerabat, atau saudara untuk datang ke berbagai kegiatan islami. Ngajak orang lain gak hanya untuk ketemu dan ngobrol-ngobrol aja, tapi juga ada manfaat lain yang bisa kita rasakan. Bisa dimulai dengan share jadwal-jadwal dan lokasi kajian. Bayangkan, jika ada satu orang aja yang akhirnya datang ke kajian dari undangan kita, maka bayangkan pahala yang kita dapat?
  3. Mencari ilmu bermanfaat, bukan hanya cari hiburan semata di internet. Dari pada quota internet dihabiskan untuk kepo sosial media orang lain, yang nantinya mengundang kita untuk gossip lebih baik mendengarkan ceramah ustad-ustad yang menyejukan telinga.
  4. Sharing ilmu yang bermanfaat juga merupakan salah satu amal jariyah yang tidak akan putus setelah kita meninggal, selain sedekah jariyah dan doa anak soleh. Tentunya informasi yang kita bagikan harus berdasarkan ilmu yang jelas, karena tanpa ilmu yang pasti akan berujung kesalahpahaman.

Seperti yang dijelaskan diatas, gadget dan internet dapat digunakan sebagai penyebar keburukan, namun juga kebaikan, tergantung  dari diri masing – masing. Nah mulai saat ini yuk stop nyebarin kebencian, karena damai itu indah, lebih baik menyebarkan hal – hal yang bermanfaat. Nah, kalau Sobat DuHa belum punya gadget yang kece, yuk cek duniahalal.com, sebagai seorang muslim biar lengkap beli segala sesuatunya yang halal-halal dong 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *